Yuk, Relaksasi Tubuh Dengan Berbagai Jenis Wewangian Aroma Therapy! | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Yuk, Relaksasi Tubuh Dengan Berbagai Jenis Wewangian Aroma Therapy!

348 kali dilihat

Lelah sehabis melakukan aktifitas seharian, belum lagi pekerjaan yang menumpuk membuat tubuh butuh istirahat. Tidak ada salahnya jika Anda mulai manjakan diri dan relaksasi dengan aromatherapy di rumah. Harum yang dihasilkan dari  aromatherapy bisa menjadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran lho.

Aromatherapy sendiri merupakan salah satu pengobatan alternatif. Melalui bahan cairan tanaman yang telah menjadi minyak, uap yang dihasilkan tanpa disadari dapat mempengaruhi suasana hati. Tidak hanya itu, minyak esensial tersebut bisa menyehatkan tubuh.

Kini aromatherapy tidak hanya berbentuk minyak esensial, namun ada yang berupa dupa aromatherapy, lilin, minyak pijat, garam, hingga sabun. Dari semuanya bisa dengan mudah Anda temui. Selain itu, aromatherapy memiliki wewangian yang khas dari berbagai macam tuimbuhan. Tapi, tahu kah Anda bahwa harum yang dihasilkan dari aromatherapy memiliki khasiat sendiri? Dikutip dari Dr. Axe ada beberapa jenis  minyak esensial aromatherapy yang baik untuk mengurangi rasa cemas berikut ini.

 

  1. Lavender

Bunga lavender atau lavandula angustifolia keharumannya sering kali digunakan baik untuk pengharum ruangan dan lain sebagainya. Minyak esensial dari bunga lavender bermanfaat untuk menenangkan diri serta memiliki efek relaksasi yang baik untuk tubuh. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk tidur lebih nyenyak dengan  ketenangan yang didapat melalui minyak esensial lavender.

  1. Mawar

Siapa yang tidak tahu harum dari bunga mawar? Yup, harum dari bunga mawar juga menjadi favorit kebanyakan orang sebagai pengharum ruangan. Satu keuntungan dari minyak esensial bunga mawar ini yaitu dapat meredakan emosi hati seperti kegundahan. Anda bisa meneteskan sedikit minyak esensial bunga mawar ini pada aromatherapy, lalu relaksasikan diri selama 15 menit.

  1. Vetiver

Mungkin Anda belum pernah mendengar tanaman vetiver. Sejenis rumput dengan akar yang tebal, vetiver juga dikenal sebagai akar wangi. Minyak esensial vetiver sering kali digunakan untuk mengurangi rasa trauma melalui kesadaran diri dan menstabilkan ketenangan.

  1. Ylang Ylang

Minyak dari tumbuhan ylang ylang ini sudah populer sejak dulu. Pasalnya, minyak esensial ylang ylang bisa mengobati depresi, kecemasan, dan membangkitkan semangat. Aroma yang dihasilkan oleh minyak esensial ylang ylang mengembalikan kecerian, keberanian, rasa optimisme, dan menenangkan rasa takut Anda lho. Bagi Anda yang sulit tidur pada malam hari, minyak esensial ylang ylang juga bisa mengobati penderita insomnia.

  1. Chamomile

Bunga chamomile menghasilkan minyak esensial yang memberikan rasa damai dalam diri.  Aroma yang menenangkan dari chamomile dapat mengurangi pikiran yang berlebihan. Secara tidak langung juga menjauhkan Anda dari rasa khawatir dan cemas. Minyak esensial chamomile secara klinis baik untuk akitivitas depresan. Sangat cocok jika memilih aroma therapy minyak esensial chamomile dengan minum teh bunga chamomile.

 

Aroma-aroma yang dihasilkan dari tumbuhan tersebut tidak hanya dalam bentuk minyak esensial. Anda juga bisa temui dalam bentuk lilin atau diffuser yang kini lebih mudah digunakan. Dari kelima minyak esensial aromatherapy yang telah disebutkan, mana yang cocok untuk Anda?



RELATED ARTICLE