Tips Cara Menulis Motivation Letter yang Baik dan Benar! | DiaryHijaber.com

Writer : Nanda Pipit N Editor : Nanda Pipit N

Tips Cara Menulis Motivation Letter yang Baik dan Benar!

562 kali dilihat

Hai hijabers, baru lulus kuliah? ingin mencari kerja? Sudahkah membuat motivation letter, yuk simak beberapa tips dan trik cara membuat motivation letter.

 

Apakah kalian tahu apa itu motivation letter? Motivation letter adalah salah satu dokumen yang kerap kali diajukan sebagai persyaratan apabila kamu ingin mendaftar program beasiswa atau mendaftar program studi. Motivation letter juga dikenal dengan nama lain, misalnya Statement of Purpose/Letter of Intent.

Lewat motivation letter, tim penyeleksi kandidat dapat melihat bagaimana cara kamu berpikir, apa tujuanmu mendaftar program beasiswa tersebut, dan potensi yang kamu miliki.
Motivation letter yang tepat akan meningkatkan peluangmu untuk diterima sebagai penerima beasiswa. Bingung bagaimana cara membuat motivation letter yang baik? Simak di sini!

Apa saja yang harus dijelaskan dalammotivation letter?

 

  • Siapa diri kamu

Hal ini penting untuk membantu tim penyeleksi untuk mengenal diri kamu lebih baik. Ingat bahwa mereka tidak mengenal dirimu dengan baik sehingga penting bagimu untuk memperkenalkan dirimu dengan baik. Kamu perlu menjelaskan karakter kamu, kekuatan dan kelemahanmu melalui motivation letter ini.

 

  • Latar belakang pendidikanmu

Latar belakang pendidikan menjadi komponen yang penting untuk kamu ceritakan mengingat sebagian besar beasiswa menjadikan latar belakang akademik sebagai salah satu persyaratan pendaftaran. Ceritakan pendidikan yang pernah kamu tempuh dan training lainnya yang pernah kamu ikuti.

 

  • Pengalaman dan prestasi

Uraikan pengalamanmu dengan lugas lewat motivation letter. Pengalaman yang kamu uraikan bisa berupa program yang pernah kamu ikuti, kursus, training, beasiswa yang pernah kamu dapatkan, pengalaman magang, pengalaman kerja, maupun pengalaman penelitian. Kamu juga perlu menjelaskan prestasi yang pernah kamu capai dengan jelas.

Kompetensi dan skill

Uraikan juga mengenai kompetensi dan skill yang kamu miliki. Ini akan menjadi pertimbangan bagi tim penyeleksi untuk mengetahui nilai plus kamu dibanding kandidat lain.

 

  • Alasan melanjutkan studi

Alasan mengapa kamu ingin melanjutkan studi melalui program beasiswa tersebut dan alasan pemilihan bidang studi
Berikan alasan yang jelas dan lugas mengapa kamu melanjutkan studi dengan jalur beasiswa dan alasan pemilihan bidang studi. Berikan alasan kuat dan rasional. Hindari alasan yang tidak jelas dan tidak kuat. Kamu bisa menjelaskan dan menyinggung mengenai minat dan tujuanmu mengikuti program beasiswa itu, memilih universitas tersebut, memilih bidang studi tersebut, dan alasan mengapa kamu ingin studi di negara tersebut.

 

  • Mata kuliah apa saja yang menguntungkan untukmu dalam program studi tersebut

Kamu juga bisa menjelaskan secara singkat mata kuliah yang kamu pertimbangkan akan menunjang masa depanmu.

 

  • Mengapa kamu memerlukan beasiswa dan pantas mendapatkannya

Kamu perlu menguatkan alasanmu mengapa kamu pantas mendapatkan beasiswa tersebut, uraikan apa keunggulanmu da

Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE