Tanda Make Up yang Sudah Mulai Kadaluarsa | DiaryHijaber.com

Writer : Shintria Maylinia Editor : BL

Tanda Make Up yang Sudah Mulai Kadaluarsa

Wanita sepertinya sudah bersahabat dengan yang berbagai jenis make up. Yup, make up memang menjadi salah satu hal yang sulit dihindari oleh wanita. Kini make up bisa menjadi koleksi bagi para wanita.

Tapi, karena terlalu banyak make up yang dimiliki kadang kala Anda melupakan tanggal kadaluarsa yang ternyata penting lho. Make up yang sudah kadaluarsa tidak baik bagi kesehatan kulit wajah Anda. Karena melewati tanggal kadaluarsa, make up itu sendiri sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk menghindari resiko ancaman terhadap kesehatan dan kecantikan wajah, yuk kenali ciri make up yang sudah kadaluarsa berikut ini.

1. Mascara

diaryhijaber kadaluarsa 1

www.betaversionof.blogspot.com

Mascara bisa bertahan 2 sampai 3 bulan, hal ini bisa Anda lihat pada tanggal kadaluarsa yang sudah tertera di kemasan. Mascara yang sudah kadaluarsa biasanya terlihat menggumpal, berbau, dan sulit diaplikasikan. Jika ciri ini ada pada mascara Anda, mulai sekarang berhenti menggunakan mascara tersebut.

2. Liquid Foundation & Concealer

diaryhijaber kadaluarsa 2

www.fabogo.com

Foundation cair ini bisa bertahan sekitar 6 hingga 12 bulan. Jika sudah memasuki kadaluarsa biasanya liquid foundation & concealer ini tidak mudah mneyatu dengan lapisan make up lain dan memiliki warna yang berbeda dari sebelumnya. Agar jenis make up ini bertahan lama, sebaiknya jauhkan make up dari sinar matahari yang dapat merusak bahan pengawet.

3. Lipstick & Lip Gloss

diaryhijaber kadaluarsa 3

www.simonlovesmakeup.com

Untuk lipstick mampu bertahan hingga 2 tahun dan lip gloss 1 tahun. Cukup lama ya. Namun jika kedua produk ini sudah mongering dan lip gloss sendiri menjadi lengket, ada baiknya hentikan pemakaiannya.

4. Nail Polish

diaryhijaber kadaluarsa 4

www.reference.com

Nail polish dengan berbagai macam warna ternyata mampu bertahan hingga 2 tahun. Namun, jika nail polish sudah tidak dapat menyatu dengan lapisan kuku Anda sebaiknya jangan digunakan karena mungkin sudah kadaluarsa. Selain itu, nail polish yang kadaluarsa tidak dapat menyatu jika sedang dikocok.

5. Powder, Eye Shadow, & Blush

diaryhijaber 5

www.gurl.com

Ketiga jenis make up ini bisa bertahan hingga 2 tahun, cukup lama ya. Powder, eye shadow & blush mempunyai ciri kadaluarsa yang mudah dikenali, yaitu biasanya powder terlihat lebih kering dan pecah atau tidak menyatu seperti awal Anda membeli.

6. Fragrance

diaryhijaber kadaluarsa 6

www.popsugar.com

Ternyata fragrance atau wewangian juga memiliki masa kadaluarsa lho. Fragrance bisa bertahan sekitar 8 hingga 10 tahun lamanya. Perfume biasanya memberikan ciri kadaluarsa melalui aroma yang berbeda dari sebelumnya atau warna cairan yang sudah tidak cerah. Agar lebih awet, Anda bisa letakan perfume dalam ruangan yang dingin dan hindari paparan sinar matahari.

Selain mengetahui ciri-ciri make up yang sudah kadaluarsa, Anda bisa rawat make up agar lebih tahan lama dengan cara diperiksa setiap kali pemakaian. Jangan lupa untuk rutin membersihkan alat-alat make up agar terhindar dari bakteri. Tidak hanya itu, tempat hingga suhu ruangan ternyata juga mempengaruhi masa kadaluarsa make up lho.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top