DiaryHijaber
Sepatu Berjamur? Begini Cara Membersihkannya | DiaryHijaber.com

Writer : Shintria Maylinia Editor : Someone

Sepatu Berjamur? Begini Cara Membersihkannya

Sepatu merupakan salah satu fashion item yang penting bagi wanita. Terlebih kini banyak sepatu dengan berbagai model. Tentu, membuat Hijabers merasa ingin memiliki semua jenis sepatu yang dianggap menarik. Tapi, belum tentu juga sepatu yang sudah dibeli akan dipakai. Alhasil sepatu disimpan cukup lama, hingga terlupakan.

 

Akan menyebalkan jika sepatu favorit Anda yang sudah lama disimpan justru terkena jamur. Pernah kah Anda melihat terdapat bercak putih pada sepatu lama Anda? Yap, bercak putih tersebut merupakan jamur yang menempel pada sepatu. Biasanya, jamur akan lebih mudah muncul pada sepatu berbahan dasar kulit.

 

Sepatu yang disimpan cukup lama dengan udara lembab, akan memudahkan jamur untuk berkembang. Banyak yang merasa kesulitan menghilangkan jamur khususnya pada sepatu berbahan kulit.

 

Kini, Hijabers sudah tidak perlu khawatir jika jamur menempel pada sepatu Anda. Untuk lebih lanjut, langsung saja ikuti cara membersihkan jamur pada sepatu kulit, berikut ini.

 

Pertama, gunakan sarung tangan dan masker untuk mencegah menghirup aroma menyengat dari jamur. Lalu, sikat permukaan sepatu dalam keadaan kering. Hal ini bisa mengangkat jamur yang ada pada permukaan sepatu. Kedua, campurkan satu sendok makan apple vinegar dengan satu sendok makan air. Selanjutnya, basahi kain lembut dengan campuran apple vinegar dan air untuk menyeka permukaan sepatu hingga bersih dari jamur. Jika masih bertahan, Anda bisa menyemprotkan cairan khusus pembersih.

 

Tips

  • Untuk menghindari jamur muncul kembali, maka simpan silica gel bersamaan dengan sepatu. Hal ini untuk menjaga kelembapan sepatu saat tidak digunakan.
  • Letakkan sepatu di bawah sinar matahari setidaknya seminggu sekali, hal ini untuk membunuh jamur yang mungkin akan muncul kembali.


RELATED ARTICLE