Saatnya Percaya Diri dengan Hijabmu! | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Saatnya Percaya Diri dengan Hijabmu!

Hijab merupakan kewajiban bagi umat Islam. Banyak hijabers yang sebenernya memiliki keinginan untuk memakai hijab, tetapi mereka cenderung untuk berfikir dua kali karena takut akan anggapan bahwa memakai hijab dapat membatasi diri mereka. Artikel ini mungkin dapat membantu kamu menaikan tingkat kepercayaan dirimu dan semakin mantap dalam berhijab.


Pengambilan Keputusan

  1. Tanyakan pada dirimu sendiri

Hal paling penting yang kamu butuhkan sebelum menggunakan hijab adalah untuk bertanya kepada diri sendiri sebenernya kamu siap atau tidak untuk memakai hijab

        2.    Mengatasi kebingungan

Banyak wanita yang bingung tentang mengenakan jilbab dan efek pada hidup mereka. Mari duduk di depan cermin dan tegaskan kepada diri sendiri bahwa Allah telah memerintahkan semua wanita Muslim mengenakan jilbab dan menutup diri. Ini dapat membantumu untuk mengatasi kebingunganmu.

        3.    Siap dalam pemakaian hijab

Satu hal yang harus dijabarkan kepada diri sendiri tentang apa pentingnya menggunakan hijab, mentalmu pun harus mengikuti keputusan yang sudah kamu ambil.

 

Perkuat Diri Sendiri

  1. Berdo’a

Mintalah kepada Allah kekuatan untuk meyakini hijab yang telah kamu pakai. Karena apa yang kamu gunakan adalah untuk menjalankan perintahNya, yakinlah Allah pasti mendengar dan menguatkan dirimu dalam pilihanmu untuk berhijab.

        2.    Buat dirimu kuat

Ketika kamu siap secara mental untuk menggunakan hijab, pertahankanlah. Kamu mungkin harus menghadapi hal-hal tertentu di depan bahwa kamu  tidak akan mengharapkan, tapi ingat bahwa ini selalu terjadi ketika Anda sedang melakukan sesuatu yang benar.

        3.    Diskusi dengan orangtua

Jika orangtumu memberi dukungan, tentunya hal ini bisa membuatmu lebih percaya diri. Tetapi jika sebaliknya, katakanlah kepada mereka dalam cara yang lebih sopan. Jangan goyahkan niat yang ada jika kenyataan tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Itulah saat dimana kamu berdiri sendiri.

        4.    Menghadapi sebuah kritik

Kamu akan mendapati orang yang setuju dengan perubahanmu. Baik itu adik atau saudara, teman, sepupu atau siapa pun yang kamu percaya akan berdiri memberi dukungan moral.

        5.    Bertemu dengan gadis-gadis Muslimah lainnya yang mengenakan jilbab

Berada di dalam perkumpulan dengan sesama hijabers, ini akan membangun rasa percaya diri. Kamu mungkin juga belajar dari pengalaman mereka tentang bagaimana mereka mengatasi kesulitan yang mereka lakukan di awal pemakaian hijab. Kamu pasti bukan satu-satunya orang yang merasakan hal ini di awal.

        6.    Jangan kehilangan harapan

Bahkan jika kamu merasa seperti tidak ada satu di seluruh dunia yang membantu dan mendukungmu, jangan lupa bahwa Allah selalu ada untukmu. Allah selalu membuat cara mudah bagi mereka yang bersedia untuk bergerak di jalan yang benar.

        7.    Menjaga diri termotivasi dari awal

Selalu ada alasan yang kuat mengapa gadis-gadis Muslimah memilih untuk memakai jilbab. Menjadikannya sebagai sumber motivasi. Jika kamu terinspirasi oleh seseorang atau memiliki realisasi yang mengharuskan kamu memakainya, maka pakailah.

       8.     Jangan ikuti 

Ingat bahwa yang pertama untuk menghentikanmu dari mengenakan jilbab adalah dari dalam dirimu.

        9.        Sabar

Setelah kamu mulai memakai jilbab, kamu mungkin harus menghadapi kritik, termasuk di negara yang mayoritas Muslimah seperti Indonesia. Melihat bahwa ada gadis-gadis yang mengenakan hijab dalam keadaan non-Muslim. Tetap positif dan melihat sekitar untuk memberimu  inspirasi. Kesabaran pasti akan terbukti bermanfaat.

 

Mengelola dengan Hijab   

        1.    Memakainya dengan percaya diri

Sekarang kamu sudah mulai mengenakan jilbab, memakainya dengan penuh keyakinan karena kamu tidak melakukan sesuatu yang salah. Kamu melakukan ini untuk menyenangkan Allah dan untuk benar-benar mematuhi khotbah Islam.

            2.    Berlatih untuk memakai jilbab dengan benar

Awalnya, banyak gadis Muslim merasa sulit untuk mengelola dengan jilbab. Jika Anda memiliki seseorang untuk memandu Anda memakainya dengan benar, belajar dari mereka. Juga ada banyak pedoman yang tersedia di internet. Mencari mereka dan berlatih secara teratur untuk mendapatkan tampilan yang tepat dan lengkap.

 

Semoga dengan artikel ini, kamu semakin kuat dan percaya diri dengan hijab yang kamu gunakan. Mungkin di awal kamu akan merasa sulit untuk menggunakan hijab karena belum terbiasa. Jangan khawatir. Dibutuhkan sedikit waktu untuk membiasakan diri dengan hijab jika kamu memiliki kemauan yang kuat.



 

[BL]



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top