DiaryHijaber
Rahasia Puasa dengan Sempurna | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Rahasia Puasa dengan Sempurna


Hijabers, sudah siapkah untuk menunaikan ibadah puasa? Masih ada sedikit waktu untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan. Kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan untuk bulan Ramadhan, agar ibadah puasa kita tidak sia-sia yang hanya menahan lapar dan haus saja?.

Diwajibkan untuk umat muslim dibulan Ramadhan menjalankan puasa selama 30 hari penuh. Seperti dalam Surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi :

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa

Maka, untuk menyambut bulan suci yang penuh berkah ini, lebih baiknya lagi jika mendekatkan diri pada Allah SWT, untuk menyempurnakan ibadah puasa kita. Selain itu, bisa juga melakukan hal-hal di bawah ini sebagai penunjang kesempurnaan dalam berpuasa di bulan Ramadhan.


1.     Bergembiralah menyambut Ramadhan.

Bergembira menyambut bulan Ramadhan bukanlah hal yang membuang waktu. Rasa gembira ini memiliki makna yang cukup dalam, seperti bergembira karena pada bulan Ramadhan pintu surgadibuka dan pintu neraka ditutup. Selanjutnya, bulan Ramadhan ini merupakanbulan yang diberkahi Allah. Setiap perbuatan baik kita akan mendapatkan nilai tinggi, daripada perbuatan baik yang kita lakukan di bulan-bulan biasanya.

Hadist Rasul Ahmad menerangkan bahwa“telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan Ramadhan bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa di dalamnya. Pada bulan itu dibukakan pintu-pintu surga serta ditutup pintu-pintu neraka….”Jadi, bagaimana bisa kita besedih jika Allah SWT melimpahkan berkah pada umat muslim.

2.     Niat

Sebelum beribadah maka perlu apabila  kita memiliki niat yang kuat untuk beribadah. Terkadang, tanpa niat ibadahsering terhalang dengan hal-hal yang datang tiba-tiba. Sebagai contoh ketika menunaikan ibadah puasa, maka wajib menahan hal buruk termasukmenggunjing orang lain. Segala ibadah tergantung dengan niatnya, sedangkan niat yang paling baik adalah ketika beribadah hanya mengharapkan ridho Allah SWT semata.

3.     Bertekad dan menyusun waktu beramal saleh

Berhubungan dengan niat tadi, bertekad untuk beramal saleh pada bulan puasa sangat dianjurkan. Tekad ini dapat disertai dengan rencana berbuat perbuatan shaleh. Dimulai dari hal-hal kecil yang sering dilupakan, misalnya dengan merasa bahwa Allah ‘Azza wa Jalla selalu mengikuti kita dan mengetahui setiap langkah kita, dengan begitu pasti kita akan senantiasa berbuat amal saleh. Amal saleh lainnya seperti mengadakan gerakan sosial untuk membantu sesama, sholat berjamaah di masjid, membayar zakat, dan lain-lain.

4.     Berbekal ilmu

Quran Surat Al-Anbiya’ ayat 7 menerangkan bahwa, wajib bertanya jika kita tidak tahu, dan bertanyalah pada orang yang berilmu. Dalam artian, baiknya kita menimba ilmu dengan ulama-ulama yang memiliki ilmu agama lebih tinggi dari kita. Sehingga bulan Ramadhan terasa lebih sempurna.

5.     Taubat Nasuha

Saat bulan Ramadhan ini untuk bertaubat Nasuha sangatlah tepat. Quran Surat An-Nur menerangkan pula “....dan bertaubatlah kalian semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kalian beruntung”. Ketika berpuasa dengan disertai taubat-taubat dari dosa yang lalu, Insya Allah ibadah puasa akan semakin sempurna.

Hadist Bukhari meriwayatkan pula ”Barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan beramal dengannya maka tidak ada bagi Allah kepentingan terhadap puasa yang sekedar meninggalkan makan dan minum.”

Hijabers, masih ada waktu untuk mempersiapkan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Dimulai menimba ilmu untuk menunaikan ibadah puasa dari para ulama, hingga merencanakan untuk beramal saleh. Jadi, mari kita berlomba-lomba untuk menyempurnakan ibadah puasa kita, dan  juga berkah di mata Allah ‘Azza wa Jalla.







Writer : Sam

Editor : BL



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top