DiaryHijaber
Rahasia Merawat Daerah Kewanitaan | DiaryHijaber.com

Writer : Shintria Maylina Editor : BL

Rahasia Merawat Daerah Kewanitaan

Daerah kewanitaan merupakan bagian yang vital. Walaupun daerah kewanitaan dapat membersihkan bagiannya sendiri dari waktu ke waktu. Tapi, penting bagi wanita untuk tetap memperhatikan kelembapan dan kebersihan bagian daerah kewanitaan. Pasalnya, jika PH tidak serimbang pada organ intim wanita, maka akan muncul bakteri yang membahayakan kesehatan.

Untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan, salah satunya yaitu mencukur bulu pada bagian tertentu. Karena, bulu berperan aktif untuk menyaring kotoran dari luar bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri selepas menstruasi. Pada saat menstruasi, kelembapan daerah kewanitaan akan sangat sensitif. Terutama, pada penggunaan celana yang terlalu ketat, pembalut, hingga air di toilet umum. Yuk, lihat cara merawat daerah kewanitaan yang dilansir dari boldsky.com berikut ini.

Bersihkan Dengan Rutin

Yup, hal ini merupakan kewajiban bagi kaum muslimah untuk menjauhkan dari najis. Selain itu, membersihkan daerah kewanitaan dengan air bersih bisa melindungi bagian intim ini dari bakteri. Bersihkan daerah kewanitaan baik selepas buang air kecil atau saat mandi. Bahkan sekarang sudah banyak sabun pembersih khusus daerah kewanitaan dengan

Mengganti Pembalut

Ketika sedang datang bulan, pastikan untuk mengganti pembalut setidaknya setiap empat jam sekali. Karena, darah kotor yang keluar membawa banyak bakteri dan penyakit jika dibiarkan terlalu lama.

Gunakan Tissue Setelah Membasuh Dengan Air

Jangan bersihkan daerah kewanitaan hanya dengan tissue, usahakan untuk membersihkannya dengan air bersih. Setelah itu keringkan daerah kewanitaan dengan tissue kering. Hal ini agar daerah kewanitaan tidak lembab yang dapat menimbulkan jamur.

Rutin Mencukur Bulu Pada Daerah Kewanitaan

Sepertinya yang sudah dijelaskan, bahwa bulu yang ada di sekitar daerah kewanitaan berfungsi menyaring kotoran yang masuk. Namun, tidak jarang bahwa bulu atau rambut ini menyimpan banyak bakteri selepas menstruasi. Jangan mencukurnya sampai habis, tapi cukup di beberapa bagian saja.

Rutin Mengganti Pakain Dalam

Ketika Anda rutin mengganti pakaian dalam setidaknya dua kali dalam sehari, hal tersebut membantu melindungi daerah kewanitaan dari bakteri. Karena, Anda tidak akan pernah tahu bahwa setiap membuang air kecil akan ada kemungkinan bakteri muncul. Juga pilih pakaian dalam yang berbahan katun sehingga mudah menyerap keringat. Selain itu jangan biarkan daerah kewanitaan berkeringat, karena bisa menimbulkan infeksi dan iritasi ringan seperti gatal.

Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang sehat menjadi yang utama. Untuk menjaga daerah kewanitaan agar tetap sehat, coba untuk rutin mengonsumsi jus cranberry dan nanas. Selain itu juga konsumsi bawang putih bisa membantu membersihkan daerah kewanitaan secara alami.

Hindari Penggunaan Sabun Mandi

Jangan membuat kesalahan dengan menggunakan sabun mandi sebagai pembersih daerah kewanitaan. Karena, kelembapan yang dimiliki sabun mandi untuk badan berbeda dengan organ kewanitaan. Gunakan sabun khusus kewanitaan dengan PH yang sudah disetarakan dan diuji secara klinis.

Bagaimana, apakah Anda sudah merawat kesehatan daerah kewanitaan melalui tips yang sudah disebutkan?



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top