DiaryHijaber
Puasa Bikin Gemuk? Lakukan Olahraga Berikut | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Puasa Bikin Gemuk? Lakukan Olahraga Berikut

Berpuasa tidak berarti harus menghentikan aktivitas olahraga. Justru banyak manfaat yang didapat jika melakukan olahraga saat sedang berpuasa. Waktu yang baik saat berpuasa untuk berolahraga adalah tiga jam setelah, atau pagi-pagi hari setelah matahari mulai terbit di mana embun-embun pagi sudah mulai reda. Tidak perlu khawatir kehabisan energi, karena hasil dari makan sahur diolah menjadi energi untuk stock energi 10 jam ke depan. 

Selain tiga jam setelah sahur, olahraga juga baik dilakukan satu jam sebelum berbuka, dengan alasan untuk mengurangi resiko dehidrasi, karena gula darah yang tersimpan sudah menipis. Berolahraga saat berpuasa baik dilakukan tiga jam setelah sahur maupun satu jam sebelum berbuka. Hijabers dapat mengetahui olahraga seperti apa yang cocok untuk dilakukan saat seseorang sedang berpuasa. Jangan sampai melakukan olahraga dengan high impact atau olahraga dengan jenis berat, karena ditakutkan tenaga akan terkuras habis dan mengalami dehidrasi. Lakukan olahraga dengan kapasitas rendah atau low impact saja di luar maupun di dalam ruangan, seperti olahraga-olahraga di bawah ini.

 

Outdoor Workouts

Bersepeda, baik dilakukan satu jam sebelum berbuka puasa maupun pagi hari tiga jam setelah makan sahur. Olahraga bersepeda dapat mengatur pernapasan. Meskipun bersepeda pada akhirnya membuat terengah-engah, namun ternyata hal ini justru membiasakan tubuh untuk mengontrol suplai oksigen yang masuk. Hal ini menjadikan tubuh tidak gampang lelah dan ngantuk karena oksigen yang tersimpan di dalam tubuh cukup memadahi.

Jogging, baik dilakukan ketika sore hari. Hindari melakukan sprint, karena sprint dikahwatirkan akan menguras banyak energi dan berakibat dehidrasi. Jogging atau berlari-lari kecil baik dilakukan di sore hari yaitu satu jam sebelum berbuka karena, setelah selesai melakukan jogging Hijabers dapat langsung minum ketika berbuka. Sehingga suplai air yang tersimpan dalam tubuh dapat tergantikan.

Jalan-jalan adalah aktifitas di luar ruangan yang cukup ringan namun manfaatnya juga cukup besar. Aktifitas ini baik dilakukan pagi hari untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh sehingga metabolisme dapat meningkat. Selain itu dapat meningkatkan kekebalan tubuh jika dilakukan rutin setiap hari. Jika ingin mendapatkan manfaat diet dengan berjalan-jalan, maka agendakan secara rutin untuk melakukannya setiap 20 menit dalam sehari. Hal ini akan membakar lemak yang ada di dalam tubuh kita.

Indoor Workouts

Yoga, dapat dilakukan pagi maupun sore hari. Olaharaga yang satu ini cukup ringan bagi yang sudah terbiasa. Cara kerja olahraga yoga dalam tubuh adalah mengencangkan dan memperkuat otot dalam tubuh, selain itu juga dapat berperan sebagai media rileksasi diri. Yoga juga dapat menjadi media yang sangat efektif untuk membakar lemak dalam tubuh.

Aerobic, juga dapat dilakukan pagi hari maupun sore hari. Namun aerobic disaranakn dilakukan pada pagi hari saat berpuasa. Aerobic adalah jenis olahraga yang ringan, sehingga dapat dilakukan tanpa menguras banyak tenaga. Melakukan senam aerobic tiga jam setelah makan sahur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga ketika menjalankan puasa akan jauh dari lemah letih dan lesu. Selain itu aerobic juga dapat menurunkan berat badan secara bertahap.

 

Olahraga sangat baik dilakukan saat puasa karena baik bagi kebugaran tubuh. Rajin berolahraga di bulan puasa akan menghasilkan hormone adrenalin. Hormone ini bertugas memecah sumber energi dalam tubuh yang berasal dari makanan. Dengan berolahraga saat puasa justru meningkatkan daya tahan tubuh. Sebaliknya, jika saat berpuasa sama sekali tidak berolahraga, maka energi yang dihasilkan akan lebih sedikit, bahkan membuat mudah lemas letih dan lesu. Terlebih jika terlalu sering berdiam diri saat puasa, berat badan akan semakin bertambah.

 

 

 

Writer : Sam

Editor : BL



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top