DiaryHijaber
Perkembangan Gadget di Era Digital | DiaryHijaber.com

Writer : Shintria Maylinia Editor : BL

Perkembangan Gadget di Era Digital

Istilah gadget sudah tidak asing di telinga, tetapi apakah gadget bisa merubah hidup kita menjadi lebih mudah? Gadget merupakan seperangkat elektronik yang berisikan teknologi yang bertujuan untuk memudahkan manusia dalam melakukan segala hal. Memang terbukti, kini jarang sekali melihat seseorang hidup tanpa gadget baik dalam genggaman berupa smartphone atau lainnya.

Gadget tidak hanya berupa smartphone, beberapa elektronik yang memiliki fungsi khusus seperti laptop, tablet, netbook masuk dalam kategori gadget. Satu keunggulan gadget yaitu adanya akses internet yang dapat memudahkan para penggunanya untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi dalam satu waktu.

Jika disandingkan, gadget dan gaya hidup sudah seperti sahabat yang sulit dipisahkan. Tidak menutup kemungkinan, bahwa Anda juga sangat bergantung pada gadget. Bagaimana tidak, dalam satu gadget terdapat banyak data dan informasi. Bahkan gadget juga turut serta membantu Anda dalam segi kesehatan. Dengan adanya fitur location, gadget dapat menghitung sejauh mana Anda berlari, dimana Anda berada, bahkan menghindari dari kemacetan. Bahkan hanya dengan satu kali ‘klik’, Anda bisa dengan cepat mendaptkan berita up-to-date­ mengenai dunia fashion. Yup, di satu sisi gadget memberikan peran aktif dalam membantu kehidupan manusia.

Tapi, tanpa disadari gadget dapat membutakan manusia dari sebuah realita. Selain bergantung pada gadget, hadirnya virtual reality memaksa Anda seakan masuk dalam dunia animasi. Pasalnya gadget keluaran baru tersebut membuat dunia game seakan nyata dan diperankan oleh diri Anda sendiri. Anda bisa dengan mudah berinteraksi dengan suatu lingkungan melalui teknologi komputer.

Tidak hanya itu,  gadget yang terus berkembang secara tidak langsung membuat penggunanya terus memperbarui perangkat elektronik. Karena, jika tidak diperbarui akan timbul beberapa masalah. Bahkan beberapa orang ada yang rela membeli gadget dengan membayar biaya angsuran demi melengkapi gaya hidup.

Efek negative gadget terhadap perkembangan gaya hidup juga terjadi pada anak-anak. Beberapa orang tua mengaku menyesal telah memperkenalkan anak pada gadget. Pasalnya, gadget membuat sosialisasi anak terganggu. Anak menjadi lebih fokus bermain melalui gadget dibanding dengan bermain permainan tradisional. Selain itu, anak menjadi lebih mudah mengetahui hal-hal yang seharusnya belum pantas mereka ketahui.

Sebenarnya fungsi gadget akan tetap sama tergantung kebutuhan Anda. Sudah banyak kasus mengenai dampak dari penggunaan gadget dan social life. Coba untuk renungkan kembali akan  fungsi gadget yang sesungguhnya untuk kehidupan Anda, pakailah gadget tidak berlebihan dan sesuai dengan fungsinya yang memantu manusia dalam mendapatkan berbagai informasi.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top