Penampilan yang Mendatangkan Pahala | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Penampilan yang Mendatangkan Pahala

Hijabers, bulan puasa ini adalah waktu yang cocok untuk kita memperbaiki penampilan kita sebagai muslimah. Penampilan pada konteks ini bukan berarti hanya sekedar menggunakan hijab syari, atau hanya memperbaiki penampilan luarnya saja. Namun memiliki arti, kita juga harus memperbaiki akhlak kita untuk tampil sebagai pribadi yang baik, jika menginginkan kesempurnaan dalam beribadah puasa.


Ubah penampilan saat ramadhan

Mengapa penampilan begitu penting? Penampilan sangat penting karena dengan penampilan ini mencerminkan kepribadian. Cerminan-cerminan tersebut akan mendatangkan opini dari orang-orang yang melihat, sehingga mereka dapat menilai pribadi diri kita sebagai sosok yang positif. Setelah itu, orang akan menilai dari mana kita mempelajari ilmu berpenampilan kita. Jika orang berhasil mengindikasi bahwa kita seorang muslim, maka mereka akan menilai bahwa agama kita memiliki ajaran yang baik. Melakukan hal ini bukan berarti tidak berguna. Melainkan kamu akan mendapatkan banyak pahala karena telah berhasil menegakkan ajaran agama Islam. 

Akhlak merupakan sebuah penampilan

Hijabers, salah satu cara untuk memperbaiki penampilan adalah dengan memperbaiki akhlak kita. Pasti pernah membaca atau mendengar khutbah, mengenai amalan-amalan hari puasa yang bisa dilakukan untuk menyempurnakan ibadah puasa. Seperti halnya dengan bertaubat nasuha dan berdakwah. Selain itu, ada lagi amalan yang mendatangkan berkah seperti tuntunan untuk makan sahur karena sahur mendatangkan berkah, tentunya sesuai dengan Hadist Rasul Bukhari Muslim. Rasul juga lebih sering membaca Al-Quran saat bulan Ramadhan ini. Menyegerakan berbuka juga menjadi amalan baik, selanjutnya menunaikan shalat tarawih berjamaah di Masjid. Walapun shalat tarawih adalah sunnah, namun ketika Bulan Ramadhan ini, ibadah sunnah bisa mendapatkan pahala senilai ibadah wajib. Amalan yang tidak kalah penting yaitu malam Lailatul Qadr serta berzakat.

Amalan wanita saat datang haid

Amalan-amalan di atas pasti sudah sangat familiar bagi Hijabers. Beberapa amalan di atas tentunya tidak bisa dilakukan saat seorang wanita sedang mengalami najis atau haid. Bagaimana kita memperbaiki penampilan jika kita sedang haid? Diaryhijaber akan share amalan apa saja yang bisa dilakukan seorang wanita ketika sedang berhalangan.

1.  Membantu orang lain

Membantu orang lain atau melakukan khidmat pada orang yang berpuasa. Merupakan hal sederhana yang bisa mendatangkan pahala saat kita mengalami najis. Seperti bunyi Hadist Rasul At-Tirmidzi yang mengatakan bahwa hanya dengan berwajah ramah saja akan mendatangkan berkah. Terlebih jika membantu atau melayani orang berpuasa dan meringankan beban orang yang berpuasa tersebut.

2.  Memotivasi orang untuk beramal salih

Hadist Rasul Muslim menceritakan tentang seseorang yang menunjukkan kebaikan, maka ia akan mendapat pahala sama dengan pahala orang yang ia bantu. Jika wanita sedang haid, janganlah acuh terhadap orang yang berpuasa. Misalnya, dengan membangunkan orang sahur, atau sekedar mengingatkan saudara kita untuk membaca Al-Quran. Insya Allah Hijabers akan mendapatkan pahala, yang sama beratnya dengan pahala orang yang dibantu.


Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top