Kenali Tanda-Tanda Make Up Mulai Kadaluarsa | DiaryHijaber.com

Writer : Sam Editor : BL

Kenali Tanda-Tanda Make Up Mulai Kadaluarsa

Salah satu kebiasaan buruk wanita adalah menimbun make up-make up yang jarang digunakan. Bisa jadi terkadang membeli namun ternyata tidak begitu cocok ketika diaplikasikan sehari-hari. Lama-kelamaan make up akan kadaluarsa tanpa disadari. Hijabers perlu tau make up mana yang masih bisa digunakan dan mana yang sudah kadaluarsa melalui ciri-cirinya. Simak ulasan di bawah ini.

 

Foundation

Dua macam foundation yang memiliki bahan dasar yang berbeda pun memiliki daya ketahanan berbeda pula. Foundation dengan bahan dasar air hanya bertahan kurang lebih satu tahun. Sedangkan foundation dengan bahan dasar minyak akan memiliki ketahanan yang lebih lama. kurang lebih dua tahun masa bertahannya. Tanda-tanda foundation mulai harus di buang adalah ketika warna foundation mulai berubah. Selain itu tekstur yang sudah tidak jelas, maka Hijabers harus membuang foundation tersebut.

Face powder

Face powder atau bedak adalah make up yang paling sering digunakan ketika hanya ingin tampil sederhana. Face powder ini sendiri memiliki ketahanan yang cukup lama. Kurang lebih bedak dapat bertahan selama dua tahun. Jika lebih dari dua tahun, Hijabers harus sudah membuang face powder tersebut. selain itu tanda-tanda face powder itu sudah kadaluwarsa adalah diandai dengan perubahan tekstur dan aroma. Biasanya teksturnya akan sedikit menggumpal dan timbul bau-bau tidak sedap dari bedak tersebut.

Eyeliner

Make up mata memang tergolong paling cepat masa kadaluarsanya. Eyeliner ini lebih baik diganti setiap tiga bulan sekali. Sebenarnya masa ketahanan eyeliner sekitar 3-6 bulan. Untuk eyeliner pensil memiliki daya tahan yang lebih lama. Asalkan belum muncul titik-titik putih, eyeliner Hijabers masih baik-baik saja. sementara eyeliner cair yang sudah kadaluarsa dapat ditandai dengan bau yang tidak sedap. Selain itu eyeliner ini juga akan menggumpal sehingga tidak lagi bisa digunakan.

Eyeshadow

Menggunakna eyeshadow kadaluarsa bisa menyebabkan iritasi pada mata karena bakteri yang muncul dari eyeshadow tersebut. Untuk menghindarinya, perlu untuk mengetahu eyeshadow masih baik digunakan atau tidak. Masa ketahanan eyeshadow kurang lebih satu tahun. Eyeshadow akan mengeluarkan bau tak sedap juga ketika mulai kadaluarsa. Selain itu warna-warna eyeshadow pun mulai berubah, tidak seperti awalnya.

Mascara

Masa berlaku mascara pun sama dengan eyeshadow, sekitar 3-6 bulan. Efek dari menggunakan mascara kadaluwarsa akan sama dengan penggunaan makeup mata lainnya. Bakteri-bakteri yang mulai muncul pada make up kadaluwarsa tersebut dapat menginfeksi dan membuat iritasi pada mata. Selain itu juga akan muncul gumpalan-gumpalan pada cairan eyeliner.

Blush

Bahan yang digunakan untuk membuat blush hampir sama dengan bahwan yang dihunakan oleh eyeshadow. Masa kadaluarsanya kurang lebih dua tahun setelah makeup diguankan. Tanda dari blush yang sudah kadalauwarsa adalah perubahan tekstur pada blush. Selain itu juga warna berubah menjadi gelap dan samar. Untuk menjaga blush tetap aman dan tidak mudah kadaluwarsa adalah dengan menjaga wadah tetap bersih. Selain itu pastikan untuk menggunakan kuas blush dalam keadaan kering dan bersih.

Lipstik & Lip gloss

Lipstick yang sudah kadaluarsa memiliki ciri-ciri mengeluarkan bau yang tidak sedap dan warnanya mulai berubah. Selain itu tekstur pada lipstick juga berubah. Cenderung lebih membuat bibir kering saat digunakan. Lipstick yang kadaluwarsa juga dapat membuat bibir perih saat diaplikasikan. Sementara Lip gloss akan lengket dan sulit diaplikasikan di bibir ketika sudah mulai kadaluwarsa. Lipstick dan lip gloss memiliki masa ketahanan yang sama, kurang lebih selama dua tahun. Jadi, jika Hijabers menimbun lipstick maupun lip gloss dan jarang memakainya, jangan lupa untuk selalu cek ketahanannya.

 

Hindari kegemaran menimbun make up, Hijabers. Jika dirasa tidak cocok setelah membelinya, lebih baik di berikan pada orang lain atau di jual. Menimbun alat make up sangat berbahaya, jadi mulai saat ini hindari kebiasaan buruk tersebut.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top