Kalo Kita Makan Terlalu Banyak... | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Kalo Kita Makan Terlalu Banyak...


(Diaryhjaber.com) - Heran deh, acara tipi sekarang udah banyak banget yang isinya berburu kuliner. Dan makanan yang di shoot itu, haduuu enyak enyak buuu'....

Gue heran, Heraan banget... !! Kenapa bukan gue yang jadi presenternyaah...

Wkwkwkk....

#suerr ngarep banget #mimpi aja lo

Jam tayangnya pun pas banget di jam makan kita. Udah gitu cara ngegambarin rasa makanannya tuh, eggh... asli peccah bangettt!!

Tau nggak, saking larutnya gue nikmatin makanan yang terhampar di layar tipi ituh, gue ambil nasi putih.. aja ... hiks... Trus gue makan sambil ngayal pake lauk begituan. 

Nasib gue, gini amat yak, wkwkwkk..

Oh ya, ngomong ngomong soal makanan nih, gue pernah denger 

"… makan dan minumlah kalian, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."

Firman Allah dalam AlQuran surat al-A’raf ayat 31 ini ternyata bener bener, bener lho gaes. Ilmu pengetahuan modern udah banyak membuktikan.  Salah satunya  ini nih.....

Efek buruk yang pertama kalo kita makannya overload adalah, saluran pencernaan kita akhirnya jadi kudu kerja lebih keras. Kalo udah gitu, tubuh bisa gampang lemas dan malas alias susah diajak produktip.

Next, efek buruk yang kedua adalah, kalo yang kita makan itu kebanyakan mengandung karbohidrat maka produksi karbondioksida bisa melimpah ruah. Akhirnya kita akan ngerasa sesak nafas. Ini akan lebih rawan kalo kejadian sama yang punya penyakit paru.

Trus juga,  makan berlebihan juga membuat kadar gula darah meninggi. Kalo udah gitu, tubuh akan lebih pandai menyimpan lemak dari pada menggunakannya. Tubuh akhirnya akan mempunyai komposisi lemak yang lebih banyak dibanding protein. Keadaan ini bisa memancing penyakit kencing manis atau diabetes. 

Dari beberapa efek jelek dari makan berlebihan itu, buat kita yang masih muda nie pastinya kudu dibuat ati ati deh. Gimana nggak kan nggak lucu kalo cantik cantik tapi ternyata penyakitan gara gara nggak bisa ngerem nafsu makan kita. Hee...

Trus cara ngindarinnya gimana atuh?? Resep dari Yang mulia Rasululllah SAW  ini bisa berguna buat kita, "kami adalah umat yang tidak makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang”.

Trakir, catatan juga buat kita gaes, 

"Tak ada wadah yang dipenuhi oleh manusia lebih buruk darpada perut (lambung). Cukuplah bagi manusia beberapa suap yang dapat menegakkan sulbinya, kalau memang harus memenuhinya, hendaknya sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga untuk nafasnya.” (HR. Tirmidzi)


(NayMa/Diaryhijaber.com)









RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top