Iritasi dengan Make Up Baru, Kok Bisa? | DiaryHijaber.com

Writer : Shintria Maylinia Editor : BL

Iritasi dengan Make Up Baru, Kok Bisa?

515 kali dilihat

Make up memang sangat berfungsi bagi wanita. Selain agar tidak terlihat pucat, make up juga bisa merubah bentuk wajah. Mungkin itu menjadi salah satu alasan Anda mengikuti perkembangan trend  dari jenis make up terkini. Sehingga banyak diantara Anda yang tidak segan untuk membeli make up baru hanya karena rasa penasaran.

Dari sekian banyak wanita diantaranya gemar memakai make up untuk menambah kecantikan. Terlebih pada wanita dengan profesi yang menutut mereka untuk berdandan, setidaknya agar wajah tidak terlihat pucat. Apakah Anda salah satunya?

Namun, sangat disayangkan bahwa ada sebagian wanita yang memiliki kulit sensitif. Tidak jarang banyak yang mengeluhkan akan iritasi yang dihadapi walaupun make up baru saja dibeli. Tentunya kulit yang sensitif menciptakan reaksi alergi.  Biasanya alergi dan iritasi ini  karena kulit yang tidak cocok dengan kandungan yang ada pada produk make up. Nah, make up baru tidak menjamin kulit aman dari iritasi lho. Sebelum membeli make up baru, ada baiknya cari tahu dulu penyebab iritasi akan penggunaan make up baru.

Jangan Termakan Oleh Iklan

Hal penting untuk diingat adalah istilah-istilah seperti natural, pure, anti-iritasi dan lain sebagainya yang biasa Anda lihat pada label produk. Anda perlu tahu, bahwa iklan pada produk kecantikan menjual barang mereka dengan marketing jargons. Jadi, jangan termakan oleh iklan. Coba kenali produk make up atau kecantikan lebih dalam lagi ya.

Kenali Iritasi dan Alergi Pada Kulit

Pada umumnya kulit akan memberikan reaksi selama menggunakan make up yang terbagi dalam dua jenis. Salah satunya yaitu iritasi pada kulit yang menyebabkan gatal, terbakar, hingga lecet. Selain itu, ada alergi pada kulit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga menjadikannya kemerahan, bengkak, hingga gatal-gatal.

Kandungan Bahan Pada Makeup Yang Tidak Cocok

Kulit wajah biasanya rentan terhadap berbagai jenis bahan atau kandungan yang ada pada makeup. Jika Anda mengalami iritasi pada wajah karena make up baru, coba cek kembali kandungan yang ada di dalamnya. Bisa saja produk make up  baru tersebut memiliki bahan kandungan yang tidak ditujukan untuk jenis kulit Anda. Selain itu AHA level yang lebih dari 10% dapat merusak kulit sehingga menyebabkan iritasi, kemerahan, gatal dan alergi lainnya.

Dua Atau Lebih Produk Bisa Menyebabkan Iritasi

Penyebab iritasi pada kulit Anda bisa disebabkan bukan hanya dari satu produk, namun lebih. Ada beberapa jenis kulit yang tidak bisa memakai berbagai jenis make up secara bersamaan.  Misalnya, seperti foundation, concealer, dan moisturiser yang biasa dikenakan secara bersamaan, namun belum tentu bisa dikenakan pada jenis kulit yang lain.



RELATED ARTICLE