Ini Solusi Bibir Kering Saat Ramadhan | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Ini Solusi Bibir Kering Saat Ramadhan

Berpuasa terkadang dijadikan alasan bibir bisa kering dan pecah-pecah. Namun sebenarnya alasan tersebut masih memiliki sub-sub perkara yang dapat membuat bibir menjadi kering. Berikut penyebab bibir kering saat berpuasa dan solusinya.


1.    Kesalahan dalam makan

Hal ini terkadang tidak kita sadari saat berbuka dan sahur. Terlebih saat buka berpuasa. Terkadang hijabers akan makan makanan yang diinginkan, dan tidak mempedulikan kadar resiko kesehatan dalam makanan tersebut. Perlu diketahui ada beberapa makanan yang mengandung bumbu, dimana bumbu tersebut justru membuat bibir bisa menjadi kering.

Cara agar bibir tidak kering yang disebabkan dari kesalahan makanan yaitu Hijabers dapat mengurangi makanan pedas saat berbuka maupun sahur. Selain tidak baik untuk lambung, ternyata terlalu banyak makan pedas justru dapat membuat bibir menjadi kering. Hal ini terjadi karena kita akan terlalu keras bernafas menggunakan mulut saat merasa pedas. Dengan begitu angin yang melalui permukaan bibir akan mengeringkan bibir dengan cepat.

Makanan dengan bumbu asin. Makan makanan asin memang lezatnya tiada duanya. Namun jika hal ini akan berujung pada bibir yang kering, pikirkanlah untuk mengurangi konsumsi makanan yang terlalu asin. Bibir kering karena makanan asin disebabkan oleh kadar garam dalam makanan tersebut akan mengikat asupan air yang masuk dalam tubuh.

Solusinya adalah dengan menghindari makanan yang memiliki rasa dominan pedas dan asin. Jika ingin makan pedas maka tambahkan sedikit saja, jangan sampai terlalu banyak. Untuk makanan asin, bisa dikurangi kadar asinnya saat memasak hidangan berbuka puasa.

2.    Menjilati bibir

Kebanyakan orang sudah bisa memahami bahwa menjilati bibir tidak baik dilakukan, walau dengan alasan melembabkan bibir. Untuk sesaat menjilati bibir memang membuat bibir menjadi basah dan lembab. Namun taukah Hijabers, jika  menjilati bibir itu justu membuat kering. Hal ini terjadi karena air liur akan lebih cepat menguap. sehingga bibir kita lebih kering dari sebelumnya. Analoginya adalah ketika sebuah panci dipanaskan air nya akan menguap, jika panci tersebut dipanaskan terlalu lama, panci tersebut akan menjadi kering kerontang. Hal itu juga sama kasusnya jika Hijabers menjilati bibir dan meninggalkan air liur dipermukaannya.

3.    Dehidrasi

Bagi yang tidak pernah mengalami bibir kering pada hari-hari biasa, mungkin dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebabnya. Saat puasa kemungkingan besar akan terjadi dehidrasi karena itu banyak-banyaklah minum air antara buka puasa dan sahur.

Dilansir dari lifestyle.bisnis.com, dokter spesialis gizi yaitu Dr. Inge Permadhi menjelaskan, bahwa mencari kebutuhan cairan ini sangatlah mudah. Hanya dengan  menkonsumsi 2-3 gelas saat sahur hingga menjelang imsak. Ilanjutkan dengan 2-3 gelas saat berbuka puasa, dan sisanya saat menjelang tidur malam, atau ketika bangun malam untuk salat tahajud dengan porsi yang sama. Selain itu bisa air dapat didapatkan dari soup-soup yang kita makan. Bisa juga sering berbuka dengan soup akan mengurangi kemungkinan dehidrasi.

4.    Jarang makan sayur dan buah

Buah, sayur dan biji-bijian adalah menu wajib buka puasa. Jarang makan sayur dan buah akan menghambat regenerasi sel kulit. Jika Hijabers sulit makan sayur maka gantilah dengan perbanyak makan buah.


Menjaga makanan yang sehat, minum air banyak dan menghilangkan kebiasaan menggigit bibir. Hijabers dapat memiliki bibir yang sehat dan tidak kering atau pecah-pecah lagi. Mari memperaktekannya Hijabers!





Writer : Sam

Editor : BL



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top