Indahnya Berbuka Puasa Bersama Keluarga | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Indahnya Berbuka Puasa Bersama Keluarga


Tidak ada bulan puasa jika belum buka bersama. Pernyataan tersebut diyakini oleh kebanyakan umat muslim, sebagai event  popular bulan Ramadhan. Banyak sekali orang yang mengharapkan bulan puasa berada di rumah. Bahkan para perantau sungguh mendambakan menjalankan ibadah puasa di rumah. Hampir seluruh budaya berbuka puasa bersama, di lakukan diseluruh negara di penjuru dunia manapun. Maka dari itulah, bulan puasa dapat menjadi pintu amal melalui silaturahmi yang terjalin. Begitu spesialnya momen buka puasa bersama, sehinga dalam artikel ini Diaryhijaber akan mengulasnya.


Berbuka Bersama Keluarga

Buka bersama tidak berarti sekedar berbuka bersama teman atau keluarga saja. Namun, dibaliknya terdapat tujuan yang sungguh dalam, jika kita bisa memanfaatkannya. Selain menjalin silaturahmi, berkahnya juga akan mengikuti bagi orang yang berbuka bersama-sama. Berikut merupakan Hadist Sahih Abu Daud no. 3764, dari Wahsyi bin Harb, dari ayahnya dari kakeknya, bahwa para sahabat Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam berkata:

"Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?” Beliau bersabda: “Kemungkinan kalian makansendiri-sendiri.” Mereka menjawab, “Ya.” Beliau bersabda: “Hendaklah kalianmakan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah, maka kalian akan diberiberkah padanya.”   

Selanjutnya, berbuka bersama juga membuka pintu amal bagi siapa yang membantu menyediakan hidangan untuk berbuka puasa. Berikut Hadist Sahih At-Tirmidzi, dari Zaid bin Khalid Al-Juhani, dari Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassalam, Beliau bersabda:

Barangsiapa memberikan makanan untuk berbuka kepada yang puasa, maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang puasa tanpa mengurangi pahala orang yang puasa itu sedikit pun.”

Dengan berbuka puasa bersama keluarga, maka kita mendapatkan kesempatan untuk meraih pahala lebih. Jika satu keluarga turut berkontribusi dalam menyiapkan hidangan berbukan puasa dalam bentuk apapun, berarti satu keluarga telah mendapatkan berkah sekaligus pahala yang berlipat-lipat kali banyaknya.

Bukber Keluarga Bahagia

Diaryhijaber memiliki tips ampuh untuk membuat waktu buka puasa bersama keluarga menjadi lebih bermakna dan menyenangkan. Berikut tips ampuhnya :

1.   Memasak bersama

Jangankalah dengan ibu kita, ikutlah memasak bersama ibu. Selain berniat meringankan ibu, tentunya juga untuk berburu pahala. Ajak saudara-saudara lainnya untuk membantu. Sekedar membersihkan alat makan, hingga menyiapkan hidangan di meja makan.

Jika Hijabers sungguh melakukannya, maka secara langsung akan mendapatkan pahala yang berlipat. Pahala tersebut didapatkan dari mengajak orang untuk berbuat baik, dan membantu menyediakan hidangan puasa. Saat itu pun Hijabers pasti akan memiliki waktu ngobrol asik bersama ibu dan saudara-saudara. Dengan ini, membuat orang bahagia juga terhitung dalam pahala bulan Ramadhan.

2.   Mendengarkan kultum bersama

Biasanya ketika Ramdahan tiba, banyak sekali kultum-kultum di televisi maupun di Radio. Bagaimana bisa kita tidak bahagia, jika mendengarkan kultum atau dakwah di televisi maupun radio. Hal ini dapat menimbulkan rasa kekeluargaan yang erat.

3.   Berbuka bersama

Setelahnya, berbuka bersama keluarga dengan hidangan yang tadi telah disiapkan. Jangan lupa membukanya dengan doa dan penuh dengan rasa syukur. Dengan rasa syukur tersebut, maka Hijabers dan keluarga akan mendapatkan berkah dari Allah SWT.


Saat berbuka puasa, merupakan salah satu dari waktu-waktu yang mustajab, untuk Allah mengabulkan doa-doa umat Islam. Jadi jangan lupa juga berdoa, dan meminta pada Allah apa yang kita harapkan. Sekian ulasan seputar berbuka bersama keluarga. Semoga Hijabers dan keluarga senantiasa mendapatkan rahmat Allah Ta’ala. Terakhir, pastikan bahwa segala sesuatu yang dilakukan hanyalah untuk Allah Ta’ala.

 








Writer : Sam

Editor : BL




RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top