Apakah Efek Samping dari Mie Instan? | DiaryHijaber.com

Writer : Shintria Maylinia Editor : BL

Apakah Efek Samping dari Mie Instan?

Segala sesuatu yang serba instan itu memang enak ya, Hijabers. Terlebih lagi mie instan yang menjadi salah satu makanan favorit khususnya di Indonesia sendiri. Rasa gurih yang dihasilkan dari campuran bumbu, membuat mie instan cocok disantap saat masih hangat. Selain itu, mie instan yang ekonomis ini juga praktis dalam segi pembuatannya.

Mie instan sendiri di Indonesia memiliki banyak varian rasa. Tentunya membuat Anda tergugah untuk membeli dan menyatapnya, bukan? Tapi, mie instan tidak akan bisa menggantikan nutrisi dan vitamin yang dihasilkan oleh sayur, telur, ikan, ayam, daging sapi, dan buah. Tidak hanya itu, rasa gurih yang dihasilkan oleh mie instan mengandung banyak MSG sehingga berbahaya untuk kesehatan tubuh. Yuk, intip efek samping dari mie instan berikut ini.

 

Kerusakan Pada Sistem Pencernaan

Mie instan terbuat dari karbohidrat olahan yang dapat menyebabkan kenaikan gula darah. Selain itu, mie instan juga tidak memiliki banyak serat yang jika dikonsumsi secara berlebih akan merusak sistem pencernaan. Efeknya seperti sembelit, diare, sakit perut, asam lambung meningkat, heart burn, masalah pada lambung, dan kembung.

Tekanan Darah Tinggi

Kandungan natrium yang tidak pada mie instan dapat memberikan resiko tekanan darah tinggi. Selain itu berbahaya juga bagi ginjal serta menyebabkan kaki dan tangan mudah berkeringat.

Mengurangi Metabolisme Tubuh

Mengonsumsi mie instan secara berlebihan dapat mengurangi metabolisme dalam tubuh. Sehingga menyebabkan berat badan menjadi bertambah. Selain itu pengawet, pewarna, dan bumbu mie instan bisa meningkatkan racun untuk berkembang biak dalam tubuh.

Kerusakan Otak

MSG atau mono sodium glutamate biasa digunakan untuk memberikan rasa gurih pada mie instan. Telah dilakukan penelitan bahwa MSG dapat menyebabkan kerusakan pada otak, penyakit ginjal, hingga menimbulkan komplikasi dalam tubuh. Jika dikonsumsi secara lebih akan menimbulkan gejala seperti nyeri pada bagian dada dan sakit kepala.

Menyebabkan Kanker

Jika Anda termasuk yang sering mengonsumsi mie instan, sebaiknya kurangi kebiasaan ini dari sekarang. Pasalnya mie instan merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker. Terlebih lagi mie instan yang dibuat dalam cup. Karena, cup tersebut mengandung banyak bahan kimia yang tidak baik untuk digunakan.

Menghasilkan Banyak Gas

Karena mie instan tidak mudah dicerna sehingga menempel pada usus. Dengan begitu akan menimbulkan masalah pada lambung yang dapat meningkatkan produksi gas dan kembung.

Kenaikan Berat Badan

Kenaikan berat badan seperti horror story bagi para wanita . Ada baiknya hindari konsumsi mie instan jika ingin memiliki berat badan yang ideal. Pasalnya, mie instan mengandung banyak zat seperti MSG, garam, rasa, dan lainnya yang menyebabkan kenaikan berat badan. Karbohidrat olahan juga dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga mengakibatkan penumpukan lemak.

 

Jika sudah tahu efek samping dari mie instan, apakah Anda masih berminat untuk mengonsumsi mie instan?  Boleh saja mengonsumsi mie instan, namun coba untuk mengurangi seperti sebulan satu kali atau setahun satu kali itu akan terdengar lebih baik. Selain itu imbangi dengan olahraga agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya yang telah disebutkan.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top