Apa Peran Make Up Bagi Muslim? | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Apa Peran Make Up Bagi Muslim?

Make up sangat lekat dengan kehidupan kaum hawa. Tidak jarang banyak berhamburan brand-brand make up wanita. Terbilang banyak juga peminatnya, bahkan banyak wanita yang rela mengantre diskon di online shop yang menyediakan make up dengan brand tebaik. Namun Hijabers, apakah yang dipikirkan wanita-wanita tersebut hanyalah mempercantik diri dengan sebatas niat menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Dalam artikel ini, Diaryhijaber akan mengulas mengenai make up ala Islam yang di anjurkan.


Hukum Berhias

Islam, berhias bukanlah yang dilarang semasa masih dalam lingkaran syariat. Seperti yang tertulis dalam surat Al-A’raf ayat 31 yang berbunyi:

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid. Makan dan minumlah, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan

Bahkan dalam Islam, berhias itu diperbolehkan. Namun dalam ayat ini tertera bahwa seseorang akan berhias ketika memasuki masjid. Saat kita hendak bertemu dengan Allah SWT, maka hal yang harus di lakukan adalah menghargai Allah. Dengan menggunakan pakaian yang baik, maka secara langsung kita telah menghargai AllahSubhanahu Wa Ta’ala.

Khususnya wanita, justru diwajibkan untuk berhias. Namun, dalam hal ini berhias untuk suami adalah hal yang utama. Sebenarnya dalam Islam sendiri wanita juga memiliki larangan dalam hal berhias. Salah satunya adalah berhias dengan niat agar menjadi pusat perhatian.

Make Up Ala Islam

Bercelak adalah cara ber-make up orang Islam untuk menyenangkan pasangannya. Seperti hadist shahih di bawah ini menerangkan keuntungan menggunakan celak.

Berdasarkan sebuah H.R.Abu Dawud: 3878, An Nasa’iy: 5113, Ibnu Majah: 3497 dan dishahihkan oleh Syaikh Al Baniy dalam shahih Sunan Abu Dawud, menerangkan bahwa jenis celak terbaik adalah itsmid. Karena dapat menerangkan pandangan dan juga menumbuhkan bulu mata. Dalam hal ini, menggunakan celak juga berarti menjaga kesehatan mata.

Waktu terbaik saat menggunakan make up justru bukan di luar rumah. Dalam hadist di bawah ini, menggunakan make up jenis celak ini baiknya digunakan saat menjelang tidur.

“Pakailah celak itsmid ketika akan tidur, sebab ia menerangkan pandangan dan menumbuhkan bulu mata”. HR Ibnu Majah, At Thabraniy dan dishahihkan Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Baniy dalam Shahihul Jami: 4045.

Menggunakan Make Up Saat Berpuasa

Dilansir dari dream.co.id wanita muslim disarankan untuk tidak menggunakan make up saat berpuasa, menurut Mufti Besar di Departemen Kegiatan Amal dan Urusan Islam Dubai (IACAD), Dr. Ali Ahmed Mashael. Saat berpuasa wajarnya seorang muslim menahan hawa nafsu duniawi. Sedangkan menggunakna make up berarti memanjakan diri, yang mana tidak wajar dilakukan seorang wanita yang sedang berpuasa. Namun walaupun begitu, menggunakan make up saat puasa tidak lantas membatalkan puasa, karena tidak masuk ke dalam tubuh.

Cara ber-make up ala wanita Muslimah

Dalam konteks ini, berhias tidak melulu dijadikan sebuah keharusan di luar rumah. Namun saat di dalam rumah dan beribadah pun harusnya justru lebih sering berhias. Terkadang kita salah menafsirkan ‘timing’ saat berhias. Sesungguhnya Allah memberikan perintah dengan maksud dan tujuan yang menguntungkan dan melindungi umat manusia itu sendiri. Jangan khawatir jika ternyata seorang wanita tidak disarankan menggunakan make up yang berlebihan ketika berada di luar rumah.


Sebenarnya ada cara lain untuk terlihat fresh, tanpa menggunakan make up yang berlebihan ketika berada di luar rumah. Caranya adalah dengan merawat dan menjaga kesehatan kulit setiap saat. Gunakan pelembab untuk wajah yang memiliki jenis kulit kering. Bisa juga menggunakan bedak tabur yang ringan, jika memiliki jenis kulit berminyak. Untuk bibir, gunakan warna-warna natural. Hijabers yang memiliki warna bibir cukup cerah, maka cukup hanya menggunakan lip balm untuk menambah kesan bibir sehat. Tentunya hanya disertai niat untuk merawat wajah saja.

 

 


Writer : Sam

Editor : BL




RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top