Ada kah Bahan Berbahaya Pada Lipstick? | DiaryHijaber.com

Writer : SM Editor : Someone

Ada kah Bahan Berbahaya Pada Lipstick?

Hijabers, lipstick merupakan salah satu jenis makeup yang menarik. Bagaimana tidak, kini lipstick hadir dengan berbagai model dan warna. Sehingga, bibir dan makeup akan tampil lebih sempurna dengan lipstick. Dari warna lipstick yang cerah hingga gelap memiliki peminatnya masing-masing.

Tapi tahu kah Anda, bahwa pewarna pada beberapa lipstick mengandung bahan berbahaya? Yap, ternyata dalam lipstick dan lip gloss memiliki kandungan 8 ahan metal tambahan, seperti alumunium, cobalt, dan nikel. Memang tidak semua produk lipstick dan lip gloss memiliki kandungan berbahaya, namun Anda harus tetap waspada. Pasalnya, jika digunakan dalam kurun waktu yang lama akan membahayakan bibir serta kesehatan lho Hijabers. Bahan berbahaya dalam lipstick ditemukan oleh para ilmuwan dan ahli kecantikan dari California.

Penelitian FDA mengatakan bahwa kandungan alumunium dan titanium tidak berbahaya jika dalam batas wajar. Sedangkan chromium, cadmium dan mangan justru ada dalam kandungan makanan. Berbagai kandungan pada lipstick sebenarnya tidak berbahaya jika memiliki ukuran yang pas dan tidak berlebihan. Sayangnya, lipstick terbilang cukup sering digunakan oleh wanita. Maka dari itu, sebaiknya para produsen untuk lebih memperhatikan bahan kimia yang terkandung dalam lipstick. Selain itu, Anda juga harus teliti dalam memilih lipstick.

Kandungan berbahaya pada lipstick tidak hanya mengancam kesehatan pada bagian bibir. Jika digunakan secara berlebihan makan zat parifin akan merusak gigi. Lalu, bagaimana cara mengentahui ada atau tidaknya bahan berbahaya pada lipstick dan makeup lain?

Caranya terbilang cukup mudah, goreskan lipstick pada tangan Anda. Lalu gunakan cincin emas minimal 18 karat, lalu gosokan pada goresan lipstick. Jika, warna yang dihasilkan menjadi hitam maka lipstick mengandung bahan logam yang tinggi.

Boleh saja menggunakan lipstick dengan berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya. Agar tidak membahayakan, maka gunakan kosmetik secara bijak. Misalnya, rajin membersihkan lipstick atau kosmetik lain selepas pemakaian. Pastikan tidak ada bekas makeup yang tertinggal ya Hijabers.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top