5 Mitos Mengenai Menstruasi, Percaya? | DiaryHijaber.com

Writer : SM Editor : Someone

5 Mitos Mengenai Menstruasi, Percaya?

Hijabers, wanita normal pasti akan mengalami siklus menstruasi. Yup, menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari dalam rahim, dimana lapisan dinding rahim meluruhkan pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Hal ini mempengaruhi mood ketika menstruasi yang hadir setiap satu bulan sekali.

Kadang, saat sedang menstruasi beberapa wanita merasakan nyeri, sakit atau keram pada bagian perut.Keram menstruasi terjadi karena otot rahim bekerja keras untuk memudahkan aliran darah. Banyak yang merasakan ketidaknyamanan ketika menstruasi. Karena berhubungan dengan rahim dan kesehatan wanita, banyak mitos yang timbul akibat menstruasi. Mungkin salah satu dari 5 mitos berikut ini pernah Anda terapkan, percaya?

Tidak Boleh Berolahraga

Siapa bilang saat menstruasi tidak boleh berolahraga? Jangan salah persepsi dulu ya, Hijabers. Justru Anda tetap boleh menjalani hidup sehat dengan melakukan olahraga ringan. Dengan olahraga ringan, menstruasi akan lebih lancar sehingga dapat mengurangi rasa nyeri.

Obat Menyebabkan Gangguan Siklus

Kadang saat menstruasi akan timbul berbagai macam rasa sakit, seperti sakit kepala, pinggang, hingga perut. Beberapa wanita memilih untuk menggunakan obat pereda rasa sakit. Namun, ada juga yang ragu karena ‘katanya’ bisa menimbulkan perubahan siklus. Hijabers, ternyata obat tidak mempengaruhi keseimbangan hormon.

Melancarkan Menstruasi Dengan Minum Soda

Apakah Anda sering minum soda untuk melancarkan menstruasi? Justru hal ini membahayakan kesehatan Anda lho Hijabers. Kurangi minuman bersoda baik saat menstruasi atau pun tidak. Karena, minuman bersoda memiliki nutrisi yang rendah. So, dengan minum soda tidak dapat melancarkan mentruasi Anda.

Jangan Mencuci Rambut

Jangan mencuci rambut saat menstruasi, kenapa ya? Sepertinya tidak ada alasan khusus tentang mitos yang satu ini. Justru Anda harus rajin membersihkan tubuh saat sedang menstruasi.

Tidak Boleh Minuman Dingin

Banyak yang mengatakan bahwa minuman dingin dapat mengakibatkan pembekuan darah. Mulai sekarang, Anda tidak perlu khawatir, karena mitos ini tidak benar, Hijabers. Karena, minuman dingin tidak mempengaruhi hormon esterogen dan progesteron dalam tubuh. Jadi, Anda feel free untuk konsumsi minuman dingin saat sedang menstruasi ya.

 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top