DiaryHijaber
10 Hidangan Berpuasa Khas Arab | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

10 Hidangan Berpuasa Khas Arab


Bulan Ramadhan adalah bulan yang wajib disambut dengan bahagia dan suka cita. Salah satu cara menyambut bulan Ramadhan ini adalah dengan menghidangkan hidangan khas yang jarang ditemukan di bulan lainnya. Bisa juga menghidangkan snack yang sering disantap saat berbuka puasa. Indonesia memiliki hidangan khas Ramadhan seperti kolak, gorengan, cendol dan lain sebagainya. Di Indonesia memiliki hidangan khas berbeda sesuai dengan daerahnya, begitu juga masyarakat Arab. Mari kita intip hidangan apa saja yang marak dihidangkan saat Ramadhan, di tempat kelahiran Bulan Ramadhan ini.


Hasaa’ atau Shorba

Jika berkunjung ke Arab saat bulan Ramadhan, Hijabers bisa menemukan jenis makanan ini di rumah-rumah warga. Hasaa’ ataushorba ini adalah hidangan khas bulan Ramadhan bagi masyarakat Arab. Hidangan ini berupa  sup yang biasanya berbahan dasar sayuran, daging ayam, atau daging-daging lainnya. Selain itu, sup ini juga mengandung kacang-kacangan di dalamnya, bawang, ekstrak lemon dan cabai. Rasa sup ini sendiri pun sangat unik dengan bawang dan ekstrak lemon yang dicampur dengan cabai. Rasa rempah-rempah, asam dan pedasnya begitu terasa dalam kuah kacang yang sedikit gurih.

Image title



Kurma

Kurma, hidangan wajib bagi umat muslim ini juga wajib dihidangkan di rumah-rumah warga di Arab. Seperti Sunnah Rasul yang mengajarkan bahwa berbuka dengan kurma danyang manis-manis. Bagaimana bisa tidak ada hidangan kurma, jika Sunnah pun menganjurkannya.


 Image title


Yogurt

Yogurt tidak hanya merupakan santapan bagi orang-orang Barat saja. Justru masyarkat Arab akan menyantap kurma dengan Yogurt. Bagai sayur tanpa garam, jika mereka menyantap hidangan kurma tanpa yogurt.


 Image title


Kibbeh (Kubba)

Makanan ini cukup asing bagi orang Indonesia. Kibberatau Kubba, terbuat dari beras, kentang atau keripik gandum. Makanan ini berbentuk kepompong berwarna coklat yang di dalamnya berisi daging giling, cabai, bawang dan daun peterseli. Makanan ini memiliki cita rasa yang sempurna keunikannya, sehingga membuat si penyantap akan merasa ingin lagi, lagi dan lagi.


 Image title


Baklava

Baklava memiliki cita rasa yang manis.Adonan gandum renyah dan berlapis yang diisi dengan aneka ragam kacang ini adalah menu khas selanjutnya. Dibalut dengan sirup yang manis, baklava dapat menghipnosis bagi orang yang menyantapnya menjadi lupa bahwa ia sedang diet.


 Image title


 Middle Eastern BBQ (BBQ Khas Timur Tengah)

Makanan yang satu ini ramah dengan lidah orang Indonesia. Jika di Indonesia disebut sate atau daging panggang, mana di Arab akan disebut Middle Eastern BBQ.


 Image title


Kanafeh

Kanafeh terbuat dari gandum, keju, dan dibalut dengan sirup manis. Tekstur makanan ini lembut, sedangkan rasanya pun sangat unik dengan perpaduan rasa gurih keju dan sirup manis. Kanafeh biasa dikenal menjadi lawan dari baklava. Bedanya baklava renyah sedangkan kanafeh lembut teksturnya.


Image title


Samosa

















Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top