Yuk Pakai Terus Hijabmu! | DiaryHijaber.com

Writer : Sam Editor : BL

Yuk Pakai Terus Hijabmu!

Apakah Hijabers sudah membaca tutorial-tutorial hijab yang telah diunggah oleh Diaryhijaber? Tidaklah sulit cara menggunakan hijab. Situasi paling sulit justru keyakinan pada diri sendiri. Terlebih ketika meluruskan niat sehingga muncul keputusan untuk mengenakan hijab. Hijabers, jangan sampai menggunakan hijab secara musiman juga. Namun, jangan juga menunda mengenakan hijab dengan alasan belum siap.

Hijabers, tentunya bingung jika kita harus belajar menggunakan hijab, tapi tidak boleh melepasnya ketika belum terbiasa. Situasi ini sesuai dengan analogi seorang anak yang ingin belajar bermain piano, karena ingin menjadi seperti idola yang ia lihat di youtube. Ketika si anak dalam tahab belajar, pada pertengahan sesi tiba-tiba ia bosan. Lalu anak itu memutuskan untuk menyudahi lesnya sampai berhari-hari. Alhasil, ia belum sempat bisa memainkan satu lagu, belum juga bisa dikatakan sebagai seorang pianist walau dia punya piano dirumah, parahnya ia mendapati dirinya hanya membuang uang saja.

Sama halnya ketika seorang wanita memakai hijab, hanya karena ikut trend Dewi Sandra atau Laudya Chintya Bella dalam berhijab. Namun pada pertengahan perjalanannya menggunakan hijab tiba-tiba ia bosan, karena ternyata menggunakan hijab membuat panas, ribet, atau pakaian gamis yang membuat badan terlihat pendek dan gemuk. Hal yang demikian merupakan cobaan kita para perempuan Hijabers. Jika kita berhasil melewatinya maka Allah SWT pun akan sangat sayang kepada kita. Namun jika kita menyerah, mungkin saja kita akan dinilai memiliki status abu-abu yang artinya orang akan beranggapan bahwa wanita yang melepas hijab tersebut tidak memiliki pendirian.

Hijabers, Allah SWT sudah menuntun gaya hidup umat muslim melalui Rasulullah SAW. Tuntunan gaya hidup umat muslim sudah sangat sempurna, tidak ada yang menyamai karya Allah SWT. Pastinya Allah menetapkan sesuatu, sesuai dengan kemampuan kita dan ketetapan-Nya tidak ada yang worthless atau tidak berguna. 

Jelas hukumnya, tertulis di Al-Quran Surat An-Nur Ayat 31 yang mengatakan bahwa :

Katakanlah kepada para wanita beriman, Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dada mereka. Dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, ayah mereka, ayah suami mereka, putra-putra mereka, putra-putra suami mereka, saudara-saudara laki-laki mereka, putra-putra saudara lelaki mereka, putra-putra saudara perempuan mereka, wanita-wanita Islam, budak-budak yang mereka miliki, pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” Masihkah kita bisa mengelak, sepertinya tidak bisa lagi mengelak.

Hijabers menggunakan hijab karena terinspirasi oleh para public figure yang begitu cantik ketika mereka menggunakan hijab. Itu artinya, Allah SWT telah memberikan hidayah kepada Hijabers. Selanjutnya tergatung Hijabers, pilihan pertama adalah berniat berjalan di jalan Allah dengan mulai menggunakan hijab. Pilihan lain yaitu tetap dengan pendirian sebelumnya dan hanya sebatas memiliki perasaan ‘ingin’ menggunakan hijab saja, tanpa mengamalkannya. Manusia diciptakan sempurna dari makhluk lainnya, salah satunya adalah karena kita bebas memilih apapun. Tentunya dengan ganjaran-ganjaran yang sudah dipersiapkan di setiap jalan yang kita pilih.

Surga dan Neraka

Hijabers, salah satu alasan mengapa seorang wanita menggunakan hijab adalah karena takut akan neraka. Sebagai umat muslim sudah sepantasnya kita takut akan siksa neraka. Surga dan neraka diciptakan sebagai ganjaran bagi manusia yang sudah memilih. Setiap orang pasti akan merasakan keduanya, karena manusia tidak ada yang sempurna. Jika kita mengguankan hijab hanya karena takut siksa neraka, mungkin akan timbul sebersit pemikiran bahwa Allah suka menghukum orang. Padahal Allah SWT maha pemurah dan maha penyayang juga pemaaf.  Salah satu cara untuk memantapkan niat adalah bukan hanya dengan perasaakn ‘takut’ pada siksa neraka, melainkan karena Allah Azza wa Jalla  merupakan Dzat yang sungguh baik dan pemurah. Mana mungkin, kita mengkhianati Dzat yang telah bermurah hati membagikan rejeki dengan adil pada kita. Jika memang kita adalah wanita yang baik, mana mungkin kita akan membalas kebaikan yang Allah berikan dengan mengkhianati-Nya. Sedangkan, hijab bukan semata kepentingan Allah juga, melainkan untuk diri kita sendiri.

Renungkan Hijabers, meningkatkan iman kita dengan berhijab sama sekali tidak merugikan. Justru kita mendapatkan banyak sekali keuntungan, selain ridha Allah. Seperti terlindung dari fitnah, dihormati dan dihargai. Mari bermain dengan analogi. Jika dunia ini adalah mall maka tepat pada Bulan Ramadhan ini kita akan kebanjiran obralan pahala. Saatnya kita hunting pahala.

Gunakan terus hijabmu, dapatkan diskon amalan dan potongan dosa. Raih keuntungan poin pahalamu yang bisa ditukarkan dengan tiket masuk ke Surga



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top