Yuk, Belajar Sabar Karena Allah | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : BL

Yuk, Belajar Sabar Karena Allah

Sabar itu susah. Sabar juga kadang buat dada kita sesak. Selain itu sabar kadang nggak segampang yang kita ngomong. Banyak yang harus dikorbankan, dan kudu di relakan. Tapi sikap sabar selalu akan berakhir indah di akhirnya. Karena sabar adalah salah satu sikap mulia yang disukai oleh Allah Ta’ala.

 

Apalagi kalau judulnya sabar dalam rangka ketaatan kita kepada Allah. Secara, jaman udah kebolak balik, dan mendekati akhirnya. Akhirnya kerusakan pun kejadian dimana- mana. Karena itu sabar menghadapi gangguan, godaan serta berusaha buat tetap terus istiqamah di jalan Allah, bukanlah hal yang gampang buat dilakukan.

 

Tapi mereka- mereka ini pantas banget kita contoh, karena mereka tetap bisa luar biasa sabar dalam mempertahankan iman. Salah satunya adalah Sumayyah. Dia adalah wanita pertama yang akhirnya dapat gelar mati syahid. Dia bisa mendapat surga Allah, setelah begitu sangat bersabar banget menghadapi siksaan, makian, cacian, bahkan sampai pembunuhan atas dirinya karena niatnya yang kuat mempertahankan iman.

 

Atau contoh lain yaitu Abdullah bin Hudzafah waktu menerima hukuman dari seorang raja yang kejam, karena tidak mau meninggalkan agama Allah. Tapi dengan penuh sabar dan iman dia malah bicara, “Aku menangisi nyawaku yang hanya satu yang jika engkau lemparkan ke dalamnya maka akan segera pergi. Aku berharap seandainya nyawaku sebanyak rambut yang ada di kepalaku kemudian engkau lemparkan satu per satu ke dalam api karena Allah.” Bayangpun gimana galaunya kan yang jadi raja saat itu. Ada orang mau dihukum dan dibunuh, tapi dia malah senang dengan kejadian yang menimpanya itu.

 

Semua karena besarnya iman yang dia miliki, dan kecintaannya kepada Allah yang sangat pastinya. Karena itulah akhirnya Umar sampai mencium kening Abdullah bin Hudzafah.

 

Kawn, mereka bisa melakukan semua itu, tahan dengan semua siksaan dan kesakitan itu, adalah karena keyakinan yang mantab banget kepada firman Allah yang Maha Perkasa, salah satunya seperti yang tercantum dalam AlQuran, (yang artinya),

“Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa”. [Al-Baqarah : 177]

 

Mereka yang benar- benar bisa bersabar dalam keimanan adalah mereka yang punya tujuan hidup yaitu mengabdi dan beribadah ke Allah saja. Mereka juga yakin kalau dunia ini bukan tempat akhir mereka apalagi tempat buat senang- senang, melainkan malah tempat ujian karena Allah ingin tahu siapa hamba- hambanya yang serius mencintaiNya, dan siapa yang cuma sekedar main- main saja.

 

Karena itu nggak heran, hamba- hamba Allah yang hatinya sayang banget sama Allah itu, memantabkan imannya dengan serius, dan nggak ngeluh ketika harus sengsara dulu di dunia demi mendapat kebahagiaan dan surga Allah yang abadi nanti. Dan sesusah- susahnya mencapai semua itu, tetap lah menyenangkan dari pada harus menerima murka Allah kelak di akherat karena jadi hamba yang nggak patuh dan ingkar. 

 

Semoga kita juga termasuk orang- orang yang selalu mencontoh mereka. Karena pastinya kitapun juga nggak ingin hidup sia- sia, tua tanpa guna lalu mati nggak bawa sesuatu yang berharga seperti yang mereka miliki. Kita semua pasti ingin akhir hidup kita kelak juga bisa stay selamanya, dan jadi warga tetap wilayah surga. Bukan begitu, bukan?

 

(NayMa)


 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top