Yah, Hilang Deh Itu Pahala | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Yah, Hilang Deh Itu Pahala

398 kali dilihat

Ada sebagian orang di luar sana yang memang sih sudah melakukan sesuatu buat kemajuan Islam. Dia memang telah membela agama Allah, Rasul-Nya dan Al Qur’an. Tapi sayangnya dia lalu merasa bahwa dia udah sangat baik dan lebih baik dari yang lainnya. Dan tahukah kawan, rasa seperti inilah yang bernama UJUB. Seperti yang telah dijelaskan oleh Aisyah radliyallahu anha “adalah bila seseorang memandang bahwa ia telah menjadi orang yang baik”. Dan bila orang tersebut juga menganggap remeh orang lain, maka itu disebut kesombongan.

 

Tanpa kita sadari pemirsa, sifat ujub dan sombong ternyata bisa membatalkan amal kita sendiri. Syaikh Ibnu Al Utsaimin menjelaskan, “UJUB dan SOMBONG setelah beramal bisa menjadi sebab amalan mereka hangus dan terhapus”. Pernyataan ini pas banget dengan yang telah disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam (yang artinya), Tiga perkara yang membinasakan, rasa pelit yang ditaati, hawa nafsu yang diikui dan ujubnya seseorang terhadap dirinya sendiri (HR at-Thabrani)

 

Rasa ujub memang tempatnya ada di dalam hati, kawan. Memang nggak ada yang bakal tahu kecuali hanya kita dan Allah Ta’ala aja. Tapi justru disinilah bahayanya. Kita ngerasa aman- aman aja melakukannya. Padahal inilah jebakan setan. Kita lupa kalau Allah adalah yang Maha Mendengar dan Maha mengetahui segala sesuatu dari kita, bahkan apa aja yang cuma tersirat dalam hati kita. Allah Ta’ala berfirman di dalam AlQuran, (yang artinya), “Dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati. Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan dan rahasiakan); dan Dia Mahahalus lagi Maha Mengetahui?” (Qs. Al-Mulk: 13-14)

 

Nah lho, kalau sudah begini kan repot urusannya, kawan. Amal yang udah kita usahakan malah sia- sia gitu aja. Lagian juga sih, gimana bisa kita tetap ujub sedangkan yang Maha Perkasa 24 jam mendengar apa yang ada di hati kita. Dan gimana bisa kita berujub ria sedangkan jelas- jelas udah ada yang lebih Maha Kuasa dari kita yang cuma serba lemah dan selalu butuh pertolonganNya?

 

Karena itu, yuk kawan mulai sekarang mari kita banyak- banyak meminta perlindungan kepada Allah dari kelemahan dan kebodohan kita sendiri yang melakukan dosa berupa UJUB dan SOMBONG. Semoga kita dijauhkan dari melakukan semua itu agar amal kita nggak sia- sia aja akhirnya. Karena kalau nggak, bayangpun betapa ruginya kita di akhirat nanti dimana kita merasa amal kita udah banyak, tapi ternyata cuma kosong aja, habis nggak bersisa gara- gara kita nggak bisa mengerem kedua sifat buruk itu.

 

(NayMa)


 



RELATED ARTICLE