Waktu Salat Paling Bagus dan Disaksikan Malaikat | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Waktu Salat Paling Bagus dan Disaksikan Malaikat

Hati seseorang akan selalu terkait dengan yang dicintainya. Inderanya juga akan begitu sensitif ketika mendengar nama sang kekasih disebut. Dan ketika ia memanggil, rasanya tidak akan ada penghalang untuk segera menyambut panggilan itu.

Begitupun yang terjadi apabila hati kita terpaut kepada Allah. Saat panggilan adzan berkumandang, hati kita akan segera terpanggil untuk menghadapNya. Apapun urusan dunia dapat dengan ringan ditinggalkan sebentar. Kaki pun akan mengikuti perintah hati dan pikiran untuk segera melangkah mememenuhi panggilan adzan.

Apalagi ketika subuh tiba. Walaupun mata terasa masih kantuk dan lelah, namun hati yang gembira akan kedatangan kekasih, akan tetap bersemangat menyambutnya. Dan salat subuhpun akhirnya didirikan, demi mengharap ridho dari RobbNya.

Ibnu Baththol rahimahullah berkata, Salat subuh akan membuat seseorang mendapatkan perhatian Allah pada hari kiamat. Kenapa dikhususkan di salat ini? Karena berkumpulnya para malaikat di waktu tersebut. Inilah makna firman Allah Ta’ala, Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al Isro’: 78).

Karena itu, jika kita memang serius mengharap ampunan dan rahmat dari Allah, maka jaga selalu waktu sholat shubuh kita. Jangan sampai kita termasuk dalam golongan orang- orang munafik, karena bagi mereka  sholat yang terberat adalah salat isya dan subuh. Karena di dua waktu itulah, mereka sedang nyaman-nyamannya menikmati istirahat mereka. Padahal seandainya mereka tahu pahala pada kedua sholat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak. Hal ini seperti sabda Rasulullah SAW kepada umatnya dari jalan Abu Hurairah ra,

Tidak ada salat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari salat subuh dan salat isya. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua salat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak.” (HR. Bukhari no. 657).

Hijabers, kita mungkin belum bisa dan belum pernah secara langsung mengerti dan melihat semua kebaikan yang akan kita dapat sampai-sampai kita pun rela merangkak untuk mendapatkannya. Namun Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wa sallam adalah manusia yang sangat dipercaya kebenaran ucapannya, karena yang beliau sampaikan adalah berasal dari Allah Ta’ala. Sayangnya hanya indera kita saja yang terbatas dan belum bisa menyaksikannya sendiri.

Karena itu, jika kita memang mencintai kekasih kita, Allah Subhanahu Wata’ala, dan kita berharap selalu ridho dan kasih sayangnya, mari kita jaga waktu subuh kita. Jangan sekedar mendirikan apalagi dengan perasaan malas, karena sebagai seorang muslim rasa yakin tentang Robb nya yang Maha Mengetahui bahkan yang tersirat dalam hati sekalipun, seharusnya sudah cukup untuk membuatnya malu dan akhirnya mampu membuatnya menghindarkan diri dari hal- hal yang menghilangkan keridhoan-Nya. Semoga Allah selalu menguatkan diri dan hati kita untuk menjaga waktu subuh kita. Aamiin.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top