DiaryHijaber
Wajibkah Wanita Sholat Jum'at? | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Wajibkah Wanita Sholat Jum'at?

(DiaryHijaber.com) - Hari jum’at adalah hari yang sangat mulia bagi kita umat Islam. Banyak keutamaan yang ada di hari ini, salah satunya adalah perintah untuk mendirikan sholat Jumat. Hal ini sebagaimana firman Allah di dalam Al Quran, (yang artinya),

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (al-Jumu’ah :9).


Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Sesungguhnya orang-orang yang diperintahkan menghadiri Jum’at hanyalah laki-laki merdeka, bukan wanita, bukan budak, dan bukan anak-anak. Dan diberi udzur atau tidak wajib bagi: musafir, orang sakit, pengurus orang sakit, dan orang- orang yang mendapatkan halangan-halangan semacamnya.

Wanita hanya diwajibkan untuk mendirikan sholat dhuhur. Dan waktu pelaksanaannya adalah tidak mesti menunggu sampai jamaah pria selesai mengerjakan shalat Jumat. Bila telah masuk waktu Zhuhur, maka wanita bisa langsung melaksanakannya.

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz berkata, “Shalat Zhuhur wanita tidak ada kaitannya dengan shalat Jumat laki-laki. Jika sudah masuk waktu Zhuhur yang ditandai dengan tergelincirnya matahari ke arah barat, maka wanita boleh melakukan shalat Zhuhur ketika itu tanpa mesti mengikuti shalat Jumat laki-laki"

Waktu pelaksanaan sholat dhuhur ini, disebutkan di dalam beberapa hadits berikut ini,

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Waktu Zhuhur dimulai saat matahari tergelincir ke barat (waktu zawal) hingga bayangan seseorang sama dengan tingginya dan selama belum masuk waktu ‘Ashar.” (HR. Muslim)

Dari Jabir bin Samuroh, ia berkata,

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat Zhuhur ketika matahari telah tergelincir ke barat.” (HR. Muslim).

 

 


Artikel Terkait Lainnya..
Tempat Sholat Terbaik Bagi Wanita

RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top