DiaryHijaber
"Udahlah Urusi Hidup Masing-Masing Aja!" | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

"Udahlah Urusi Hidup Masing-Masing Aja!"

Setiap detik dalam hidup kita, selalu berkaitan dengan hal-hal yang baik dan yang buruk. Dan pilihan orang memang berbeda-beda, tentang diwilayah mana dia mau menjalani hidupnya. Namun satu hal yang harus kita ingat bahwa, kita juga tidak diperbolehkan untuk hanya diam saja, saat ada orang lain yang melakukan kejahatan di sekitar kita.

Hal ini karena Allah berfirman, (yang artinya), “Peliharalah diri kalian dari siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kalian. Ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya. (QS. Al-Anfal: 25)

Ini berarti bahwa, kalau kita diam, kita juga akan ikut rugi. Yang begini bukan berarti kita sok ikut campur urusan orang lain, tapi memang karena kita juga punya hak untuk hidup jauh dari kesusahan. Apalagi kalau judulnya dia yang senang, tapi akhirnya kita ikutan susah karena ikutan kena adzabnya Allah, gara-gara perbuatan maksiat itu. Nah lho, enak di dia, nyesek di kita dong!

Karena itu, Sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam yang ini penting banget buat kita praktekin. Dari Abu Sa’id Al Khudri Radhiyallahu ‘Anhu dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barang siapa di antara kalian yang melihat kemungkaran, hendaklah dia merubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka hendaknya dengan lisannya. Dan apabila tidak mampu lagi maka dengan hatinya, sesungguhnya itulah selemah-lemah iman.’.” (HR. Muslim)

Kawan, mereka yang menentang kejahatan emang akan banyak dimusuhi. Itu udah pasti. Mereka yang berperang melawan kejahatan, sering juga malah balik di fitnah. Itu juga udah pasti. Mereka yang menegakkan kebaikan, biasanya malah banyak nanggung resiko dan nggak disenangi. Itu kenyataan yang terjadi. Tapi nggak masalah juga, kan yang kita cari bukan senang atau nggaknya mereka, tapi senang atau nggak–nya Allah ke kita. Aktivitas kita juga menandakan bahwa kita nggak cuma punya iman yang lemah , karena hanya bisa mengingkari dalam hati aja.

InshaAllah dengan pola pikir seperti itu, akan tetap kuatlah hati kita. Tetap akan ada-lah semangat kita buat bangkit lagi. Dan akan tetap damai dan indah juga jiwa kita, walaupun banyak rintangan yang dibuat manusia buat jatuhin kita. Kita juga akan gampang bahagia alias jauh dari rasa sedih. Ya iyalah, toh apa yang mau disedihkan kalau ridho Allah aja udah bersama kita?.

Kawan, kalimat “Ya udah urusin hidup masing masing aja” itu kellihatannya nyaman dan save buat kita. Karena urusan nggak pakai panjang-panjang lagi, deh. Tapi apa yang akan kita jawab nanti saat di hari pertanggungjawaban, Allah nanya sama kita kok kita nggak kasih peringatan ke saudara kita yang salah? Nah lho, jadi ribet kan urusan?.

Maka jangan biarkan saudara kita terjebak lebih lama dalam dosanya, dan buang jiwa cuek kita, sambil berdoa semoga Allah menurunkan hidayah kepada saudara kita tersebut. Dan tak lupa, satu hal yang harus selalu kita ingat juga bahwa "Kejahatan akan terus ada, bukan karena banyaknya orang jahat, tapi diamnya orang-orang baik.”

 

(NayMa)

 



RELATED ARTICLE