Tips Meningkatkan Kesabaran | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Tips Meningkatkan Kesabaran

(DiaryHijaber.com) - Siapapun pasti setuju apabila dikatakan bahwa sabar itu susah. Karena sabar identik dengan pengorbanan, air mata, kerja keras, dan banyak hal baik lainnya.Karena itulah sabar tidak disukai oleh hawa nafsu kita, yang cenderung ingkar. Maka tak heran bila sabar hanya akan dimiliki oleh mereka yang memiliki jiwa yang indah. Dan apakah kita termasuk salah satu dari manusia yang indah itu? Jika belum, atau kita mungkin merasa kesulitan untuk mendidik menjadi pribadi yang sabar, berikut sedikit tips untuk bisa lebih mudah belajar bersabar.

 

  1. Melakukan Semua Ikhlas Karena Allah

Jika iman sudah berbicara, akal manusia kadang sulit mencernanya. Seperti juga halnya orang- orang yang bersabar. Dalam pandangan orang awam mungkin mereka akan dinilai sebagai manusia ajaib. Hal ini karena ketundukan mereka kepada Allah yang tidak hanya sekedar main- main. Jadi begitu Allah menuliskan takdir untuk mereka, entah yang mereka sukai atau tidak, mereka pun akan tetap rela dan ikhlas menjalaninya. Hidup mereka tetap saja bahagia, karena mereka yakin Allah selalu menemani mereka. Seperti yang di firmankan Oleh allah Subhanahu Wata’ala di dalam AlQuran, (yang artinya), “... sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah:153)

 

  1. Yakin bahwa semua telah ditakdirkan Allah Ta’ala

Allah menerangkan di dalam Al Quran bahwa “Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS al-Hadid : 22)

 

Dan siapapun yang menyakini hal tersebut, maka hatinyapun akan melembut dan berbesar hati untuk bisa bersabar atas segala cobaan, karena semua yang terjadi adalah sudah menjadi ketentuan Allah. Lisan hanya nya akan berucap, “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun” sebagai bentuk kepasrahan dan keikhlasan mereka akan takdir Allah Subhanahu Wata’ala. Dan karena itulah, Allah Ta’ala malah akan menggembirakan mereka dengan petunjuk kehidupan dan kebenaran dalam hidup mereka. Allah berfirman di dalam Al Quran, (yang artinya), Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al-Baqarah: 155-157)

 

  1. Katakan Pada Diri Kita, Bahwa Hidup Memang ujian

Kita hidup di dunia bukan untuk bersenang- senang saja. Di dunia bukanlah tempat kita, melainkan hanya sementara. Dan kelak kita akan kembali ke surga, kampung halaman kita yang sebenarnya.

Dan untuk mencapai semua itu, kitapun harus melalui banyak cobaan dan rintangan. Hal ini Allah lakukan untuk mengetahui kualitas dan kesungguhan iman dan kepatuhan kita kepada Allah. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?” (QS. Al ‘Ankabuut : 2). Jika kita berhasil mengkomunikasikan hal ini pada diri kita sendiri bahwa semua yang datang kepada kita adalah hanya ujian, inshaAllah hati akan lebih legowo untuk bersabar.

 

  1. Berpikir Positif tentang takdir Allah

Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top