Tips Biar Bete Cepat Pergi | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Tips Biar Bete Cepat Pergi

264 kali dilihat

Orang mau maju itu halangannya banyak banget. Salah satunya adalah ketika bete melanda. Kadang kamupun nggak ngerti alasan bete itu kenapa. Pokoknya sekedar mau bete aja. Ternyata benar kalau musuh terbesar buat kamu adalah diri kamu sendiri. Lalu, gimana sih caranya biar bete bisa cepat hilang dan suasana hati bisa happy lagi?.

Pertama, katakan pada diri kamu sendiri kalau kamu juga kudu logis. Bete emang kadang datang tanpa alasan. Tapi kamu juga kudu rasional. Maksudnya, tetap bisa mikir urusan penting apakah yang akan terlewat kalau kamu cuma sibuk nurutin bete itu seharian? Dan kira-kira kalau kamu melewatkan hal itu, bakal rugi lebih banyak kah kamu?. Dengan bertanya pada diri sendiri seperti itu, maka akan tumbuh lagi semangat buat bangun dan bergerak lagi. Dan InshaAllah setelah itu betepun da-da bye bye

Kedua, katakan pada diri kamu sendiri kalau waktu nggak akan balik lho. Ibnul Qoyyim Al Jauziyah mengatakan bahwa “Bahaya terbesar yang dialami seorang hamba, adalah adanya waktu nganggur dan waktu luang. Karena jiwa tidak akan pernah diam. Ketika dia tidak disibukkan dengan yang manfaat, pasti dia akan sibuk dengan hal yang membahayakannya.” Dengan memperingatkan diri kamu sendiri tentang hal ini maka kamu akan menentukan pilihan dan kembali bergerak serta beraktivitas lagi sambil berusaha buat menghilangkan sisa bete yang ada di kepala.  

Ketiga, katakan pada diri kamu sendiri kalau keadaan nggak akan berubah cuma dengan bete. Maka dari itu, do something!. Kalau kamu bete karena suatu hal yang terjadi dikamu, entah gara-gara kesalahanmu atau kesalahan orang lain, maka kamu juga kudu ngerti nggak akan selesai masalah itu cuma gara-gara kamu udah bete. Yang ada malah masalah itu tambah ribet. Dan pengertian seperti ini juga kudu kamu pahamkan ke diri sendiri agar segera terbebas dari bete.  

Keempat, Jangan manjain diri  kamu. Keadaan yang bikin bete itu, mungkin juga bisa dialami oleh orang lain. Tapi mereka memaksa diri mereka sendiri buat bangkit dan memperbaiki diri dan keadaan. Dan semuanya pun kembali baik lagi. Lalu kenapa kamu malah miih buat memanjakan diri dengan “menikmati” bete itu lebih lama bersarang di hati kamu? Apa kamu juga nggak ingin mendapatkan hal yang baik seperti yang dimiliki oleh mereka yang lain itu?  

Kelima, putuskan angan-angan atau harapan palsu yang buat kamu bete itu. Ada dari kita yang kalau keinginannya nggak kesampaian maka bete lah dia akhirnya. Padahal nggak semua keinginan kita bisa terpenuhi dan terlaksana. Karena itu jika ternyata harapan nggak sesuai sama kenyataan yang kita dapat, kita juga kudu belajar berbesar hati, selain juga berhenti bermimpi tentang seandainya aja begini dan seandainya begitu. Ali bin Abi Thalib pernah berpesan, “Yang paling aku takutkan menimpa kalian adalah mengikuti hawa nafsu dan panjang angan-angan. Mengikuti hawa nafsu bisa menjadi penghalang untuk memihak kebenaran. Panjang angan-angan bisa melupakan akhirat. Ketahuilah bahwa dunia akan berlalu.”

Nah, itu tadi tips buat ngilangin bete yang ada di kamu, kawan. Semoga bermanfaat ya, dan moga-moga juga bete kamu bisa secepatnya hilang. Aamiin.  

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE