Tetaplah Tersenyum Walau Bagaimanapun Beratnya Masalah Kita | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Tetaplah Tersenyum Walau Bagaimanapun Beratnya Masalah Kita

268 kali dilihat

Mikirin masalah itu nggak akan ada habisnnya. Secara, selama dunia ini masih berputar maka masalah itu akan tetap ada. Dan udah kepastian juga dari Allah, kalau nyatanya akan seperti itu, sampai kita mati. 

Kawan, masalah itu ada salah satunya adalah untuk menjadi ujian iman kita, dan Allah pengen tahu, sampai dimana kebenaran ucapan kita bahwa kita sangat mencintai Allah dengan segala aturan dan ketetapannya, dibanding dengan nafsu kita sendiri. Selain itu, Allah juga pengen tahu apakah kita akan tetap berada dalam kebaikan ataukah malah berbelok pada kejahatan setelah bertemu dengan berbagai masalah. Allah  Ta’ala berfirman dalam Al Quran, (yang artinya), “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. ” (Qs. Al-Ankabut: 2-3)

Jadi kalau kita nggak mau punya masalah, ya nanti tunggu aja pas udah di surga dan udah lulus ujian iman kita kepada Allah. Karena sekali lagi selama kita masih nafas dan masih menginjak tanah, maka selama itu pula kita akan menemui masalah lagi dan lagi, kawan. 

Maka dari itu, setelah tahu kalau masalah dalam hidup pasti akan ada lalu ngapain masalah cuma kita pikir-pikir aja, kawan. Nggak guna dan nggak penting juga, kali’. Yang ada kita malah bakal kelihatan semrawut, sakit perut, pusing kepala, dan nggak cantik lagi. Yang begitu juga malah akan membuat pikiran kita buntu, dan kadang malah bisa bikin kita gelap mata.  

Karena itu, lebih baik kita kembalikan semua kepada Allah agar Allah bersedia membantu kita keluar dari masalah itu. Selain juga kita berusaha sekuat tenaga kita agar bisa menyelesaikan masalah itu, sambil tetap senyum walau gimanapun susahnya. Secara senyum itu paling nggak, bakal ngasih kekuatan baru dan membawa suasana fresh di kita buat menyelesaikan semua masalah itu.

Hati yang senang, tenang dan bisa tetap bahagia otomatis membuat kita lebih bisa mengurai masalah, sehingga gampang buat nemuin jalan keluarnya. Dan semua itu dimulai dari senyum kita.

Dan orang yang masih bisa tersenyum ditengah masalah, mengisyaratkan pada dirinya sendiri kalau masalah itu bisa diatasi, walau gimanapun susahnya. Hal ini akan menambah semangat dan daya juang bagi dirinya sendiri. Dan orang-orang disekitarnya pun akhirnya nggak ikutan direpotkan dengan sikapnya yang rempong karena suatu masalah.

Jika hal ini terus menerus bisa dilakukannya, maka yang ada adalah dia akan menjadi pribadi yang lebih kuat dan tebih tegar dalam hidupnya. Orang-orangpun akhirnya banyak mencontohnya, dan menjadikannya teladan karena kekuatan yang ada pada dirinya tersebut.

Orang yang masih bisa tersenyum ditengah masalahnya yang berat, juga menandakan kekuatan dalam kepasrahannya kepada Allah. Dia juga bisa begitu sabar karena kepatuhannya kepada Allah yang memerintahkannya untuk selalu sabar, seperti dalam sebuah firmanNya (yang artinya), “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.” (Qs. Al-Baqarah: 45)

Orang yang masih bisa tersenyum ditengah masalahnya yang berat, juga menunjukkan sikapnya yang nggak gampang putus asa seperti yang juga diperintahkan Allah Ta’ala (yang artinya),  “… dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.” (Surah Yusuf ayat 87)

Sikap yang begini nih kawan, yang dibutuhin banget sama kebanyakan kita sekarang ini. Secara, dijaman yang katanya semakin sulit ini, penyakit putus asa gampang menjangkiti banyak orang, kan?  

MasyaAllah, ternyata banyak sekali manfaat yang kita dapat apabila kita tetap mau tersenyum walaupun masalah kita begitu berat. Maka jangan ragu kawan untuk bisa memberikan senyum yang paling indah untuk diri kita sendiri kawan, agar hati kita senantiasa lebih kuat dan kita menjadi pribadi yang lebih tegar dalam menjalani naik turunnya kehidupan kita ini. Setuju?

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE