Tertawa Dan Bercanda Di Dalam Masjid | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Tertawa Dan Bercanda Di Dalam Masjid

229 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Tertawa adalah ekspresi normal dari setiap manusia. Dan tertawa juga adalah nikmat dari Allah yang begitu besar. Karena ketika seseorang tertawa, maka terlihatlah indikasi kebahagiaan yang muncul dari dalam hatinya.

Namun seperti kebanyakan hal yang jika porsinya dilakukan secara berlebihan, maka akan membawa dampak buruk bagi pelakunya, kebiasaan tertawapun juga demikian halnya.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam bersabda, (yang artinya), “Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati.” (HR. At-Tirmizi dan Ibnu Majah)

Tak hanya itu saja, kebiasaan bercanda dan tertawa yang tanpa memperdulikan tempat dan waktu, juga akan mengundang keburukan bagi diri kita sendiri. Salah satunya jika bercanda, tertawa dan membuat gaduh itu dilakukan di dalam masjid.

Padahal seperti kita ketahui, bahwa masjid adalah bagian dari syi’ar Islam yang sangat agung. Dan sudah menjadi kewajiban kita untuk menghormati dan memuliakan masjid, tempat ibadah kita tersebut. Karena semua akan menjadi bukti adanya iman dan takwa kita. 

Allah Ta’ala berfirman, (yang artinya), Dan barangsiapa yang mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati. (QS. Al-Hajj: 32)

Hijabers, di muka bumi ini tempat yang paling Allah cintai adalah masjid. Karena masjid adalah rumah Allah yang didirikan untuk banyak amalan yang didasari oleh hati yang bertakwa.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Bagian negeri yang paling disenangi Allah adalah masjid-masjidnya dan bagian negeri yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya. (HR. Muslim)

Karena itu, kita tidak pantas menggunakan masjid untuk hal- hal yang sia- sia dan atau malah memiliki unsur keburukan, seperti menjadi tempat membicarakan atau melakukan hal- hal yang justru bernilai negatif dihadapan Allah. Semoga kita bisa lebih berhati- hati dalam bersikap, dan menjaga masjid kita untuk tetap menjadi tempat yang kita hormati, sebagai bukti ketakwaan kita kepada Allah dan Rasulnya.

 

 


Artikel Terkait Lainnya..
Tempat Sholat Terbaik Bagi Wanita

RELATED ARTICLE