Tentang Sucinya Tempat Sholat Kita | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Tentang Sucinya Tempat Sholat Kita

324 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Segala puji  bagi Allah atas berbagai macam nikmat yang telah Dia berikan. Shalawat dan salam atas teladan mulia kita Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam beserta keluarga dan para pengikutnya.

Hijabers, seperti kita ketahui bahwa sholat adalah amal ibadah yang istimewa bagi kita umat Islam. Allah ta’ala mensyariatkan berbagai macam ibadah melalui perantara malaikat Jibril, kemudian malaikat Jibril menyampaikannya kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam. Namun tentang amalan sholat ini, Allah sendiri yang langsung memanggil RasulNya.

Karena keistimewaan itulah, kita harus selalu menjaga syarat sah sholat kita, agar amal ibadah kita tersebut, bisa diterima oleh Allah ta’ala. Dan salah satu syarat sahnya sholat tersebut adalah tempat sholat kita yang harus suci dari najis.

Dahulu ada seorang Arab Badui yang kencing di dalam masjid. Melihat hal tersebut, orang-orang pun berteriak menghardiknya. Namun Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam menegur mereka, dan lalu beliau bersabda,

Biarkanlah orang itu, dan siramkanlah satu timba air atau satu ember air pada bagian yang terkena kencingnya karena sesungguhnya kalian diutus untuk memberi kemudahan dan tidak diutus untuk memberikan kesulitan.” (Hr. Bukhari dan Muslim)

Sabda beliau yang mulia inilah yang menjadi dasar kita untuk mengetahui bahwa tempat sholat kita haruslah selalu suci dari najis. Kita tidak boleh sembarangan membiarkan masjid atau tempat sholat kita bernajis, sehingga akan tidak sah lah sholat kita.

Perhatian kita pada hal- hal tersebut sangat dibutuhkan, kawan. Hal ini agar kita bisa senantiasa menjaga keutamaan sholat kita. Karena itu, mari pastikan kebersihan tempat sholat kita, karena itu adalah cerminan seberapa pentingnya ibadah tersebut bagi kita. Karena siapapun yang menyayangi pasti akan sangat perduli. Siapa yang sangat menghargai amalan sholatnya, maka akan sangat menjaga sholatnya tersebut dari apa- apa yang akan membatalkannya. Bukan begitu, kawan?

 


Artikel Terkait Lainnya..
Shaf Wanita Dalam Sholat

RELATED ARTICLE