Tentang Cewek Dan High Heels-nya | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Tentang Cewek Dan High Heels-nya

348 kali dilihat

Ada yang bilang, penampilan seseorang itu bisa menambah nilai kecantikan yang tampak dari dirinya. Dan salah satu barang yang biasa digunakan untuk menunjang penampilan seorang tersebut adalah sepatu hak tinggi, atau istilah kerennya high heels.

Barang yang satu ini udah biasa banget di kalangan cewek-cewek sekarang, dimanapun mereka berada. Alasannya sih diantaranya adalah karena high heels bisa menambah kepercayaan diri mereka saat tampil di tempat umum. Yang “agak rendah” jadi kelihatan lebih tinggi, dan high heels juga katanya bikin badan kelihatan lebih seksi.

Lalu kalau menurut aturan Islam, sebenarnya boleh nggak sih para muslimah menggunakan sepatu high heels ini?

Pada dasarnya suatu yang lebih banyak membawa kesusahan serta bahaya, tentu saja tidak diperbolehkan dalam Islam. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya),

“Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan.” (Al-Baqarah: 195)

Dan kebinasaan yang tertulis dalam ayat tersebut memiliki arti yang banyak. Salah satunya adalah seperti membahayakan diri sendiri dalam hal kesehatan. Dan seperti kita tahu bahwa sepatu hak tinggi dapat menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah di kaki pemakainya. Selain itu juga bisa menimbulkan degenerasi persendian kaki, sampai dengan perubahan postur tulang belakang dan lain sebagainya.

Jadi bisa dikatakan bahwa High heels dilarang untuk dipergunakan, karena barang ini memberi lebih banyak kerugian dan bahaya, walaupun banyak cewek menyukai untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari mereka.

Selain itu, hal lain yang membuat high heels ini dilarang adalah adanya salah kaprah niat si pemakainya. Kebanyakan sih emang ingin terlihat lebih seksi atau terlihat lebih jenjang ketika mereka memakai high heels. Dan dengan tampil seperti itu, otomatis akan lebih mudah bagi mereka untuk menarik perhatian laki-laki non mahram.

Padahal dalam sebuah sebuah hadist bahkan dengan jelas disebutkan kata ‘berlenggak-lenggok’, dalam hal ini adalah identik dengan cewek yang memakai sepatu berhak tinggi untuk menarik lawan jenisnya.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu :

 “Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” [HR. Muslim].

Belajar dari pesan Rasul diatas, kita sebagai muslimah haruslah bijak  dalam berpenampilan, karena ridho Allah itu lebih berharga dari pada sekedar tampil cantik. Apalagi jika untuk tampil cantik itu kita banyak menyakiti diri sendiri. Sayangilah Allah, dan sayangi diri kita sendiri, InshaAllah dengan itu kita akan tampil lebih cantik, bahkan tanpa sepasang high heels sekalipun.  

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE