Tata Cara Mendi Junub yang Benar | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Tata Cara Mendi Junub yang Benar

276 kali dilihat

Mandi junub dalah bagian dari kesempurnaan Islam, ketika Allah mengutus Rasulullah SAW sebagai tauladan kita yang berasal dari kalangan manusia, yang menikah, berkeluarga, dan melakukan aktivitas sebagaimana layaknya manusia. Sehingga setiap kita bisa meneladani Beliau dalam setiap aktivitas hidup yang beliau lakukan.

Dan kita patut berterima kasih kepada para istri Rasulullah SAW, yang telah mengabarkan kepada kita tentang aktivitas beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika di rumah. Salah satunya adalah tentang tata cara mandi junub Neliau, yang tidak mungkin bisa diketahui oleh orang lain.  

Berkaitan dengan masalah ini, ada dua hadis pokok yang bisa kita jadikan sebagai acuan. Dua hadis ini berasal dari dua istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Aisyah dan Maimunah radhiallahu ‘anhuma.

Dari Aisyah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi junub, "Beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya. Kemudian beliau berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat. Lalu beliau memasukkan jari-jarinya ke dalam air, lalu menggosokkannya ke kulit kepalanya, kemudian menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengguyurkan air ke seluruh badannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Ibnu Abbas, bahwa Maimunah mengatakan, “Aku pernah menyediakan air mandi untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu beliau menuangkan air pada kedua tangannya dan mencuci keduanya dua kali-dua kali atau tiga kali. Lalu beliau menuangkan air dengan tangan kanannya ke tangan kirinya, kemudian beliau mencuci kemaluannya. Setelah itu beliau menggosokkan tangannya ke tanah. Kemudian beliau berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung. Lalu beliau membasuh muka dan kedua tangannya. Kemudian beliau membasuh kepalanya tiga kali dan mengguyur seluruh badannya. Selanjutnya, beliau bergeser dari posisi semula lalu mencuci kedua kakinya (di tempat yang berbeda).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari dua hadist diatas, kita bisa mengetahui urutan tata cara mandi junub yaitu sebagai berikut:

  1. Menuangkan air dan cuci kedua tangan
  2. Menuangkan air dari tangan kanan ke tangan kiri, untuk mencuci kemaluan
  3. Menggosokkan tangan kiri dengan tanah, tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran kemaluan yang ada di tangan kita. Ini bisa kita ganti dengan sabun
  4. Berkumur dan menghirup air ke dalam hidung, kemudian dilanjutkan dengan berwudhu, namun tidak sampai mencuci kaki. Karena bagian ini diakhirkan.
  5. Membasahi rambut, sela-selai pangkal rambut dan pastikan seluruh kepala dan rambut kita basah.
  6. Siram kepala 3 kali, dilanjutkan dengan menyiram seluruh anggota badan.
  7. Mengguyur air ke seluruh badan dengan mendahulukan yang kanan.

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha, ia berkata,

 “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mendahulukan yang kanan ketika memakai sendal, ketika bersisir, ketika bersuci dan dalam setiap perkara (yang baik-baik).” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Bergeser dari posisi semula, lalu mencuci kedua kaki, dan pastikan seluruh kaki kita basah.

Semoga bermanfaat Hijabers.



RELATED ARTICLE