DiaryHijaber
Sumpah Iblis Untuk Menyesatkan Manusia | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Sumpah Iblis Untuk Menyesatkan Manusia

(DiaryHijaber.com) - Ambisi Iblis untuk menyesatkan manusia sangatlah besar. Hal ini sebagai wujud nyata dari sumpah yang pernah di ucapkannya, kala ia dulu diusir oleh Allah Ta’ala dari surga. Al Quran mengabadikan ucapannya, “ “Iblis menjawab : Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan menghalangi mereka dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).” (Al-A’raf : 16-17)

 

Segala cara akan ditempuh Iblis dalam rangka menyesatkan kita dari jalan yang lurus. Iapun memasang perangkap- perangkap agar kita terjerat di dalamnya. Diantaranya,

  1. Menjerumuskan kita ke dalam kekafiran dan kesyirikan.
  2. Menjatuhkan kita ke dalam perkara bid’ah, dan menggiring kita menjadi ahli bid’ah.
  3. Mengajak kita melakukan dosa-dosa kecil dan menganggapnya sepele saja.
  4. Membuat kita sibuk dengan perkara mubah hingga kita lalai dari perkara wajib.
  5. Menggoda kita agar senantiasa mengerjakan amalan sunnah hingga lupa melakukan kewajiban kita yang utama.

 

Iblis akan senantiasa berusaha agar kita berada bersamanya. Namun iblis tidak berkutik dan tidak memiliki kekuatan terhadap hamba-hamba Allah yang ikhlas.

 

Allah Ta’ala berfirman, (yang artinya), “Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, Kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka" Allah berfirman: "Ini adalah jalan yang lurus, kewajiban Aku-lah (menjaganya). Sesungguhnya hamba-hamba-Ku tidak ada kekuasaan bagimu terhadap mereka, kecuali orang-orang yang mengikut kamu, yaitu orang-orang yang sesat” (QS. Al Hijr : 39 – 42)

 

Sayyid Qutb menjelaskan “Sesungguhnya mereka yang ikhlas hanya karena Allah, maka tidak ada kuasa bagi iblis untuk menguasai mereka, tidak bisa mempengaruhi mereka, iblis tidak menjadikan mereka memandang indah perbuatan maksiat karena mereka berada didalam suatu penjagaan yang kokoh dari gangguannya, dan karena jalan masuk iblis kedalam diri mereka juga terkunci. Dan mereka itu adalah orang-orang yang hanya menggantungkan pandangan mereka kepada Allah saja”

 

Hijabers, orang- orang yang senantiasa menjadikan seluruh aktivitas ibadahnya hanya untuk Allah subhanahu Wata’ala dan bukan untuk dipuji manusia, maka keikhlasannya tersebut akan menjadi pertahanan yang sangat kokoh dan membuat mereka tidak bisa diganggu apalagi dikuasai oleh iblis. Walahu’alam.

 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top