Siksaan Neraka yang Sudah Tentu Menyiksa | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Siksaan Neraka yang Sudah Tentu Menyiksa

Mengimani akan keberadaan surga dan neraka adalah salah satu pokok keyakinan kita sebagai seorang mukmin. Surga merupakan tempat penuh kenikmatan yang tiada batas, dan neraka adalah tempat yang penuh siksa dan kehinaan. Dan Allah adalah sebaik-baik pemberi balasan bagi para hamba-hambaNya.

Dan kali ini, kita akan memberikan sedikit pembahasan tentang salah satunya, yaitu neraka. Ini adalah tempat kehidupan yang abadi, dan penuh kehinaan, kesakitan, dan siksaan tiada akhir bagi siapapun mereka yang kufur serta melanggar aturan Allah Ta’ala, dan mendustakan Rasul-Nya.

 Allah subhanahu wa ta’ala berfirman“Sesungguhnya Allah melaknati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka).” (QS. Al Ahzab : 64).

Dalam sebuah hadist telah dikabarkan tentang gambaran dari neraka, salah satunya adalah tentang kedalaman neraka tersebut. Dari Abu Hurairah radhiyallaahu anhu, “Kami bersama Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam, tiba-tiba terdengar suara benda jatuh. Maka Nabi shallallaahu alaihi wa sallam bertanya, ‘Tahukah kalian apakah itu?’ Kami pun menjawab, ‘Allah dan RasulNya lebih mengetahui’. Rasulullah berkata, ‘Itu adalah batu yang dilemparkan ke dalam neraka sejak tujuh puluh tahun lalu. Batu itu jatuh ke dalam neraka, hingga baru mencapai dasarnya tadi’.” (HR. Muslim).

Mereka yang masuk ke dalam neraka mendapatkan penderitaan yang tiada batas. Betapa tidak, mereka harus merasakan panas api neraka yang  70 kali lebih panas dari api dunia.  Dari Abu Hurairah radhiyallaahu anhu beliau berkata, “Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam bersabda, ‘Api kalian, yang dinyalakan oleh anak Adam, hanyalah satu dari 70 bagian nyala api Jahannam. Para shahabat kemudian mengatakan, ‘Demi Allah! Jika sepanas ini saja niscaya sudah cukup wahai Rasulullah! Rasulullah menjawab, ‘Sesungguhnya masih ada 69 bagian lagi, masing-masingnya semisal dengan nyala api ini’.”

Selain itu mereka para penghuni neraka harus memakan makanan dan minuman yang sama sekali tidak mengenyangkan dan malah menyiksa mereka.  Allah Ta’ala berfirman di dalam Al Quran, (yang artinya), Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar. (QS. Al Ghasiyah : 6-7).

Di hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah, diminumnnya air nanah itu dan hampir dia tidak bisa menelannya. (QS. Ibrahim : 16-17).

Diberi minuman dengan hamiim (air yang mendidih) sehingga memotong ususnya.(QS. Muhammad : 47).

Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka). (QS. Al Hajj : 20).

Hijabers, beberapa hal tersebut diatas adalah gambaran singkat tentang bagaimana siksa yang sangat di dalam neraka. Semoga kita tidak termasuk golongan yang akan menghuninya kelak. Karena itu, mumpung sekarang kita masih diberikan jatah nafas oleh Allah, mari bersama- sama memperbaiki diri, mendidik diri, dan belajar untuk lebih taat kepada Allah, agar Allah senantiasa menjauhkan kita dari siksa neraka yang begitu menyakitkan kelak. Aamiin.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top