Si "Pandai Beralasan" | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Si "Pandai Beralasan"

292 kali dilihat

Pernah nggak ketemu orang yang kalau dia salah, tapi selalu aja ada jawabnya untuk beralasan?. Dia selalu aja dia bisa menjelaskan dengan sangat baik, sampai-sampai akhirnya orang bisa takluk, bisa maklum, dan menganggap dialah pihak yang benar.

Ya begitulah orang yang satu ini, yang diberi Allah kelebihan dalam hal berbicara dan merangkai kata. Sebenarnya kalau keahlian ini dibuatnya untuk sebuah hal yang positif tentu akan sangat menyenangkan dan menguntungkan dia. Tapi alangkah ruginya bila hal tersebut lalu malah disalah gunakan hanya untuk sekedar memperbaiki citra diri biar dianggap nggak ada cela. Yaitu dengan cara yang udah kita jelasin diatas, “selalu penuh dengan alasan”

Tapi tahukah kawan, bahwa sebenarnya mereka yang pandai merangkai alasan tersebut adalah mereka yang kurang berani menatap kenyataan, tidak berani bertanggung jawab, dan ragu akan kemampuan dirinya sendiri dalam menghadapi sebuah masalah.

Padahal kenyataannya, nggak apa-apa kok kalau ternyata kita ini salah. Toh semua orang juga berbuat kesalahan, dan nggak ada satu orang pun yang sempurna tanpa cela di dunia ini. Lalu mengapa kita masih tetap mempertahankan kebiasaan kita beralasan, hanya agar dianggap tidak bersalah?

Kawan, ingatlah bahwa Allah mengetahui hambanya yang jujur dan dusta. Dia juga mencatat setiap kata yang terucap dengan sangat detail dan nggak mungkin salah. Karena itu, bila ternyata ada salah satu satu dari kita yang sangat suka beralasan ini dan itu, apalagi sampai memakai kebohongan di dalamnya maka sudah sepantasnya kalau kita berpikir ulang untuk melakukan hal yang sama lagi dan lagi.

Jika kita salah, ada baiknya kita minta maaf saja, kita terima saja kalau kita salah, dan memulai perbaikan. Tanpa harus membuat alasan begini begitu, yang intinya biar kita nggak dianggap salah. Yang begini akan membawa perbaikan bagi diri kita loh kedepannya. Kita akan banyak belajar terutama tentang sebuah tanggung jawab dan konsekuensi dari setiap perbuatan kita. Asyik kan?

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE