Sebab Pertemanan Sesama Hijabers | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Sebab Pertemanan Sesama Hijabers

Segala puja dan puji hanya milik Allah SWT, Tuhan semesta alam. Tiada sembahan lain dalam hidup kami kecuali hanya diri-Nya. Hanya kepada-Nya kami meminta dan hanya kepada-Nya kami memohon petunjuk.

Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.” (HR. Bukhari).

Itulah pesan Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Sallam agar kita senantiasa berhati-hati dalam hal memilih teman. Hal ini karena baik buruknya teman kita pasti akan memberikan pengaruh kepada diri kita, walaupun hanya sedikit saja. Keputusan kita untuk memilih dimana kita akan berkumpul ternyata membawa dampak yang tidak biasa bagi kita.

Jika kita memutuskan untuk berkumpul dengan orang-orang yang sholeh, maka akan sangat beruntunglah kita. Orang-orang sholeh dan taat kepada Allah itu, akan membantu kita dan mempermudah diri kita untuk belajar memperbaiki diri. Karena merekalah yang selama ini lebih sibuk berdzikir, mengingat Allah di pagi dan petang, dan banyak melakukan kebaikan dalam hal dunia dan akherat. Hati mereka terjaga, karena mereka senantiasa menjaga hak-hak Allah. Mereka juga tidak memiliki alasan untuk menyayangi saudaranya, kecuali karena kecintaan yang hanya karena Allah. Karena itulah merekapun jauh dari kepentingan dunia yang menipu penuh pamrih. Hal ini persis seperti yang telah Allah Subhanahu Wata’ala firmankan dalam surat Al-Kahfi ayat 28, (yang artinya),

Dan bersabarlah kamu bersama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di waktu pagi dan petang hari dengan mengharap keridhoan-Nya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia. Dan janganlah kamu mengikuti jalan orang yang telah Kami jadikan hatinya lalai dari mengingat Kami serta menuruti hawa nafsunya, dan adalah keadaan mereka itu melampaui batas.”

Disisi lain, Allah Subhanahu Wata’ala juga berfirman, (yang artinya) “Dan di antara manusia ada orang-orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, dan tatkala diperlihatkan kepada Allah isi hatinya tampaklah ia sebagai orang yang paling keras pertentangannya.” (Al-Baqarah: 204). Hijabers, peringatan Allah ini sudah cukup memberi kita tanda bahwa teman-teman yang justru banyak memberikan pengaruh tentang hal- hal senang senang dunia saja, sebenarnya malah akan membawa bahaya kepada kita dan harus kita jauhi.  Karena itu, jangan sampai kita salah dalam mengambil keputusan di dalam hidup kita, salah satunya adalah dalam memilih tempat berkumpul dan memilih teman-teman kita. Agar kita senantiasa mendapatkan kebaikan hidup di dunia dan akherat. InshaAllah.   



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top