Saling Menyayangi Sesama Muslim Lewat Ucapan Salam | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Saling Menyayangi Sesama Muslim Lewat Ucapan Salam

Ketika bertemu dengan saudara seiman kita, hendaklah kita mengucapkan salam kepadanya. Hal ini kita lakukan kembali menghidupkan sunnah dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam selain juga untuk mempererat persaudaraan sesama muslim. Dan inshaAllah karena itulah kita nanti akhirnya bisa memasuki surga Allah Ta’ala.

 

Dari Abu Hurairah radiallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman, dan tidak dikatakan beriman sebelum kalian saling mencintai. Salah satu bentuk kecintaan adalah menebar salam antar sesama muslim” (Hr. Muslim)

 

Hijabers, sangat dianjurkan bagi kita untuk mengucapkan salam dengan sempurna, yaitu “Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakatuh".  Dari ‘Imran bin Hushain radiallahu ‘anhu, ia berkata: “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan mengucapkan, ‘Assalaamu’alaikum’. Maka dijawab oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam kemudian ia duduk, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Sepuluh’. Kemudian datang lagi orang yang kedua, memberi salam, ‘Assalaamu’alaikum wa rahmatullah.’ Setelah dijawab oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ia pun duduk, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Dua puluh’. Kemudian datang orang ketiga dan mengucapkan salam: ‘Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakatuh’. Maka dijawab oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kemudian ia pun duduk dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Tiga puluh’. (Hr. Bukhari)

 

Bila ada seorang muslim yang mengucapkan salam kepada kita sedangkan saat itu kita sedang sendiri, maka wajib bagi kita untuk menjawab salam tersebut. Dan bila kita menerima salam dalam keadaan kita sedang bersama banyak orang, maka dianggap sudah sudah cukup jika salah satu dari orang tersebut yang menjawab salam.

 

Dan perlu kita ketahui juga Hijabers, bahwa memulai salam adalah perbuatan yang sangat dianjurkan, dan bahkan digambarkan sebagai salah satu dari kebaikan Islam. Dari ‘Abdullah bin Amr bin Ash radiallahu ‘anhuma, ada seorang laki-laki bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: “Islam bagaimana yang bagus?” Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Engkau memberi makan (kepada orang yang membutuhkan), mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan yang tidak engkau kenal.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Namun di dalam Islam kita dilarang untuk mengucapkan salam terlebih dahulu kepada orang Yahudi dan Nasrani. Dan bila mereka mengucapkan salam kepada kita terlebih dahulu, maka kita cukup membalasnya dengan ucapan ‘Wa‘alaikum’, sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa Sallam Apabila ahli kitab mengucapkan salam kepada kalian, maka ucapkanlah: Wa’alaikum (dan atas kalian).” (HR. Bukhari dan Muslim)



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top