Saat Kau Merasa Depresi | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Saat Kau Merasa Depresi

387 kali dilihat

Saat kau merasa depresi, kau merasa bermasalah dengan begitu banyak masalah. Tapi ingatlah bahwa hidup adalah memang kumpulan dari masalah-masalah yang harus diselesaikan. Begitulah seterusnya dia akan berjalan, sampai kita mati nanti. Nggak ada satu orangpun di dunia ini yang tidak punya masalah. Tentang berat atau nggaknya, itu semua tergantung bagaimana orang itu menyikapi. Ada yang terkena duri sedikit lalu nangis guling-guling. Ya itulah anak kecil, tapi kalau orang dewasa lalu beda lagi pasti. Simpulkan saja sendiri dirimu ini adalah tipe yang mana, masih kecil, dewasa tapi kecil, atau kecil tapi dewasa. Lalu jujurlah pada diri sendiri tentang kualitasmu itu.

Pelajarilah juga tentang banyak kelemahanmu. Ya, setiap orang tentu memiliki titik kelemahan tersendiri. Karena memang tidak akan ada seseorang yang sangat begitu kuat dan sempurna di dunia ini. Namun titik kelemahan itu bukanlah untuk dirawat apalagi selalu dikasihani. Karena jika begitu kau tidak akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

Memanjakan dirimu sendiri dengan berbagai alasan atas kelemahanmu, itu seperti menggali lubang kuburmu sendiri. Karena di dunia ini tidak ada tempat untuk orang yang lemah, yang menyerah, dan yang  jadi teman karib dari kelemahannya sendiri. Semua yang ada di dunia adalah mereka yang berjuang. Mereka yang berjuang demi hidup, dan mereka yang berjuang mengalahkan diri mereka sendiri. Mereka itu bukan yang kuat, tapi orang yang memilih buat tetap kuat walaupun dengan terseok-seok sekalipun.

Jika begitu, kenapa kau masih menyimpan rasa depresimu? Bukankah kau juga tipe pejuang yang ingin bahagia dan keluar dari zona sakitmu itu, lalu hidup lebih baik?

Saat kau merasa depresi, ingatlah bahwa suatu saat ketika kau nanti makin dewasa kau akan mentertawakan harimu dan pilihan sikapmu ini. Kau akan melihat masalahmu itu begitu kecil, sehingga sampai kau sendiri merasa heran, “mengapa hal yang sekecil itu bisa membuatmu depresi?”

Jika kau merasa depresi, maka ingatlah bahwa kau tidak boleh terus menerus depresi. Kau harus sembuh, karena itu adalah hak dari tubuhmu, hak dari hatimu, hak dari dirimu sendiri. Kau tidak bisa menerus menyakitinya. Ingatlah hidupmu hanya sekali, biarkanlah dirimu bahagia.

Jika kau sedang depresi, ketahuilah bahwa depresimu akan jauh lebih parah bila kamu mencari seseorang yang bisa menyembuhkanmu. Karena kenyataannya, bahkan orang terdekatmu pun tidak akan bisa sepenuhnya mengerti tentang rasamu itu. Bicaralah kepada dirimu sendiri dan memohonlah kepada Robbmu. Karena hanya kehendak dari dirimu sendirilah kau akan bangkit dan hanya karena kuasa Allah sajalah kau akan bisa sembuh. 

Robbmu adalah yang menciptakanmu. Dialah yang tahu dengan detail tentang siapa dan bagaimana dirimu. Hanya dia yang mampu menguraikan dan menjelaskan rasa kalut yang sedang kau alami itu. Percayalah, bahkan kau sendiri kadang seringkali bingung tentang dirimu. Namun tidak dengan Dia. Dia bisa memutar siang menjadi malam, menerbitkan matahari dari barat, dan menghidupkan orang mati, membelah lautan, dan lain sebagainya. Menyembuhkanmu hanyalah masalah kecil saja bagiNya. Tapi ada satu syaratnya. Kau memohon dengan tulus, mendekatinya dan jujur kepadanya.

Ayo berdirilah!...

Temui Robb-mu dalam sujudmu sekarang. Atau mungkin kau masih mau menikmati depresimu lebih lama?  

 

(NayMa)

 



RELATED ARTICLE