DiaryHijaber
Prediksi Tanda-Tanda Kiamat dalam Al-Qur'an | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Prediksi Tanda-Tanda Kiamat dalam Al-Qur'an

Semakin lama, hari kiamat telah semakin dekat. Allah yang maha kuasa pun telah berfirman, (yang artinya),  Telah dekat datangnya saat itu (kiamat) dan telah terbelah bulan. (QS. Al Qamar : 1). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah khutbahnya pernah menyampaikan di hadapan para sahabat ketika telah menjelang terbenamnya matahari, “Keberadaan dunia tidak lagi tersisa melainkan hanya semisal sisa hari kalian ini.” Sedangkan saat itu, matahari telah berada di atas puncak-puncak pohon kurma, atau sudah dekat waktu terbenam.

Dan kita sebagai seorang muslim harus mengimani tentang kejadian hari kiamat tersebut. Bahkan iman kepada hari kiamat adalah termasuk salah satu rukun iman yang enam. Karena agungnya kedudukan iman kepada hari kiamat ini, seringkali Allah Ta’ala menggandengkan penyebutan iman kepada-Nya dengan iman kepada hari akhir di dalam Al-Qur’an seperti dalam firman-Nya, “Demikianlah orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir diberi pengajaran dengannya.” (QS. Ath Thalaq : 2).

Akan tetapi, waktu pasti terjadinya hari kiamat adalah hal ghaib yang hanya diketahui oleh Allah Ta’ala. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam saja ketika ditanya oleh malaikat Jibril, Kapankah kiamat akan terjadi?” Beliau Rasulullah SAW menjawab, “Orang yang ditanya tidak lebih tahu dari pada orang yang bertanya.” Benar-benar tidak ada satu makhluk  bahkan yang paling dekat sekalipun dengan Allah dari kalangan malaikat dan Rasul, yang dapat mengetahui pasti kapan akan terjadi kiamat.

Allah berfirman, (yang artinya) Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: Kapan terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.” (QS. Al A’raf : 187).

Namun, kedatangan kiamat tersebut memiliki tanda- tanda, seperti yang tertulis juga dalam firman Allah Allah Ta’ala di Al Quran yang mulia. Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya.(QS. Muhammad : 18). Dan Rasulullah SAW pun juga memberikan keterangan yang berhubungan dengan tanda-tanda tersebut lewat beberapa hadist Beliau. Salah satunya adalah berikut ini,

  1. Tersebarnya zina

Banyaknya dosa zina yang terjadi dimana-mana, adalah salah satu tanda dekatnya hari kiamat. Rasulullah bersabda, Diantara tanda kiamat adalah… (kemudian Beliau menyebut beberapa diantaranya) , dan tersebarnya zina secara terang-terangan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Terjadinya hubungan yang tidak halal yang berakibat kesedihan, kerusakan dan kehancuran masa depan para generasi muda. Tanpa kita sadari, tanda-tanda kiamat pun telah terjadi di hadapan mata kita sendiri.

  1. Riba ada Dimana-mana

Banyak pula orang yang sudah tidak perduli dengan halal dan haramnya harta mereka. Yang dibutuhkan hanya sekedar kaya, dan bisa hidup nyaman ala mereka. Ribapun akhirnya banyak menjadi solusi dan dianggap biasa. Padahal hal ini juga termasuk salah satu dari tanda-tanda bahwa kiamat semakin dekat menghampiri kita. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Riba akan tersebar sebelum kiamat terjadi.”  (HR. Thabrani).

  1. Musik Merajalela

Dari Sahl bin Sa’ad, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Di akhir zaman akan ada kaum yang Allah tenggelamkan ke dalam bumi, adzab berupa huja

Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top