Nikmat dari Puasa Sunnah Senin Kamis | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Nikmat dari Puasa Sunnah Senin Kamis

Puasa adalah amalan yang sangat utama dalam Islam. Salah satunya adalah puasa senin kamis yang biasa kita lakukan setiap minggunya. Banyak keutamaan yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah bisa menghapus kesalahan dan meninggikan derajat kita di hadapan manusia dan di hadapan Allah ta’ala. Selain itu, hari senin dan kamis adalah juga hari yang mulia. Karena pada hari itulah, pintu surga dibuka dan amalan kita akan dihadapkan kepada Allah, penguasa semesta.

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa. (HR. Tirmidzi)

 

Dengan merutinkan berpuasa senin kamis, kita tidak hanya akan mendekatkan diri kepada Allah saja. Kitapun akan lebih sehat secara fisik dan mental. Hal ini bukanlah hanya sekedar teori. Bahkan para peneliti modern di bidang kesehatan telah membuktikannya dalam berbagai penelitian mereka.

 

Selain keuntungan dalam hal duniawi tersebut, puasa senin kamis pun membawa kedamaian dalam jiwa kita. Hal yang memang kadang susah diterima akal, namun begitulah setiap orang beriman merasakannya. Dengan rutin berpuasa mereka akan gampang merasakan bahagia. Bagaimana tidak, mereka percaya bahwa pundi- pundi pahala mereka akan terus bertambah seiring dengan rajinnya amal mereka dalam berpuasa. Pahala itupun terus berlipat ganda sampai jumlahnya berapapun hanya Allah saja yang tahu. Dan yang tak kalah membahagiakan juga adalah bahwa pahala tersebut diberikan langsung dari Allah sang Penguasa Jagat.

 

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, (yang artinya), Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim).

 

Dalam riwayat lain beliau Shalallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, Allah ‘azza wa jalla berfirman (yang artinya), “Setiap amalan adalah sebagai tebusan kecuali amalan puasa. Amalan  puasa adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya.” (HR. Ahmad).

 

Jadi berbahagialah dan beruntunglah bagi siapapun kita yang hari ini sedang melaksanakan puasa senin kamis. Karena InshaAllah ridho Allah akan senantiasa bersama kita. Dan bagi kita yang belum terbiasa melakukannya, mari kita belajar bersama- sama untuk istiqomah melakukan puasa yang mulia ini. Karena sungguh, Allah adalah sangat menyukai hambanya yang dengan ikhlas mau berpuasa karenaNya, dan akan mengangkat derajat hambanya lebih tinggi karena telah serius beriman kepadaNya. Dan hal itu semua adalah sangat mudah bagi Allah Ta’ala.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top