Musuh Besarmu Adalah Dirimu Sendiri | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Musuh Besarmu Adalah Dirimu Sendiri

219 kali dilihat

Punya mimpi tapi malas, punya keinginan tapi enggan dan terus ditunda. Cita-cita ditinggikan, tapi Kesempatan dilewatkan, waktu dibuang-buang, umur di sia-sia, tenaga di hambur-hamburkan, ilmu di biarkan terbengkalai nggak guna.

Kaki nggak melangkah. Hanya sibuk berangan-angan diatas kasur, sambil berharap ada tongkat ibu peri atau kantong ajaib doraemon yang bisa mengubah keadaan dalam sekedip mata.

Terusin aja. Terusin mimpimu!

Dan ketika kau telah lelah, bukalah cendela kamarmu. Kau mungkin akan kaget saat , melihat bahwa harimu makin habis. Umurmu juga sudah berkurang. Kesempatanmu pergi, dan pemyesalanmu jadi nggak guna lagi.

Siapa yang rugi? Kamu, lah! Siapa yang makin terpuruk? Kamu sendirilah! Dan siapa yang makin ketinggalan? Kamu jugalah.

Ah, ternyata kamu, kamu, dan kamu! Ternyata musuh besarmu adalah dirimu sendiri. Yang menghalangi dirimu dari cita-citamu, yang menghalangimu dari keinginanmu, dan yang menghalangimu dari masa depanmu yang lebih baik. Kamu sendirilah yang merusak semuanya dengan tanganmu sendiri.   

Jadi, nggak perlu reppot-repot menyalahkan orang lain atas apapun yang terjadi padamu sekarang. Tegaslah pada dirimu sendiri. Tegaslah untuk mengarahkan dirimu sendiri pada kebaikan dan perbaikan. Jadilah bos besar atas dirimu. Atau kalau nggak nafsumu yang bakal memimpinmu. Tapi sayangnya segala kerepotan pastinya bakal dibawanya untuk menambah PR panjang hidupmu.  

Pertanyaannya, kenapa musti repot kalau bisa dibikin lebih mudah? Hidupmu yang sekali ini bukankah harus menyenangkan dan menenangkan? Lalu kenapa kudu repot, pemirsa?

Mulai perbaikan itu sekarang. Sebelum modalmu yang begitu berharga yang bernama waktu, semakin jauh meninggalkanmu. Dan akhirnya tahu-tahu kamupun tua. Nggak kuat lagi berbuat lebih, ada semangat tapi fisikmu nggak mendukung lagi, ada cita-cita tapi kamu nggak bisa gesit lagi, dan sebagainya, dan sebagainya.

Musuh besarmu adalah dirimu sendiri. Kalahkan dia, atau dia yang akan menumbangkanmu. Ingatlah, duniamu dan hidupmu adalah di dunia nyata. Nyata dimana nggak akan ada tempat bagi mereka yang nggak mau berusaha. Dan Allahpun juga nggak akan mengubah keadaanmu jika kau nggak lebih dahulu berkehendak atau berusaha mengubahnya.

Bangunlah!, bangkitlah!, dan kalahkan dirimu sendiri! Sekarang!

 

(NayMa)

 



RELATED ARTICLE