Mojok Ria Di Masjid | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Mojok Ria Di Masjid

404 kali dilihat

Paling asik memang kalau udah ketemu temen atau sahabat, terus ngobrol banyak kesana- sini tanpa kenal waktu. Apapun temanya, bisa langsung kupas tuntas tanpa basa basi yang nggak basi. Secara, teman atau sahabat adalah orang yang bisa buat kita nyaman banget dan bebas buat jadi diri sendiri.

 

Tapi ternyata, TKP waktu kita ngobrol dan bercanda ria itu  kudu diperhatikan loh, pemirsa. Terutama kalau kita pas lagi di tempat- tempat istimewa seperti masjid. Karena kita semua tahu kalau masjid adalah tempat yang paling Allah cintai di bumi ini. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam bersabda, (yang artinya) “Bagian negeri yang paling disenangi Allah adalah masjid-masjidnya dan bagian negeri yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya. (HR. Muslim). Karena itu, kita nggak pantas menggunakan masjid untuk hal- hal yang sia- sia, seperti ketawa- ketiwi dan tempat bercanda, apalagi sambil bergosip tanpa ada makna dan tanpa nilai ibadah kepada Allah.

 

Selain itu, karena masjid adalah bagian dari syi’ar Islam yang sangat agung. Maka nggak heran bila kita punya kewajiban buat menghormati, memuliakan dan jaga etika ketika berada di masjid. Dan itu semua akan jadi bukti tentang adanya iman dan takwa kita. Hal ini sesuai dengan yang difirmankan oleh Allah Ta’ala, (yang artinya), Dan barangsiapa yang mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati. (QS. Al-Hajj: 32)

 

Jadi, larangan bercanda hora- hore apalagi sambil bergosip ria di masjid aja, ternyata udah dilarang banget loh kawan. Nah, apa kabar kalau kita malah nongkrong ama pacar, berkhalwat, dan atau saling lirik- lirik lawan jenis waktu dimasjid? Pastinya lebih dilarang banget, pemirsa.

 

Karena itu kita emang perlu belajar peka tentang hal ini. Kita memang diperintahkan untuk memakmurkan masjid, tapi bukan berarti kita bisa nongkrong seenaknya dan memperlakukan masjid seperti halnya tempat tongkrongan kita yang lain. Karena masjid adalah sangat istimewa dan yang istimewa itu memang harus dijaga dan diperlakukan beda dengan yang lain.

 

(NayMa)

 

 

 



RELATED ARTICLE