DiaryHijaber
Menyambut Ramadhan dengan Takwa | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Menyambut Ramadhan dengan Takwa

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad).

Segala puji bagi Allah yang maha pengasih dan penyayang, yang untuk kesekian kalinya di dalam hidup kita, kembali memberikan kita kesempatan lahir dan batin untuk bertemu dengan Bulan Ramadhan kembali.

Rasa sayang Allah kepada kita memang tidak akan ada habisnya. Bayangkan jika kita hanya diumbar begitu saja tanpa petunjuk dan kemurahan Allah yang menjadikan kita lebih baik. Bertahun-tahun kita hanya akan sibuk dengan dunia. Dunia dengan segala kepentingan dan kepenatannya yang tiada habisnya. Jiwa kita akan kosong, iman kita akan hambar, dan hidup kita akan senantiasa bimbang.

Lewat Bulan Ramadhan yang mulia, Allah mengisi ketenangan dan keteduhan di dalam batin kita. Lewat ramadhan kita diajarkan untuk menyadari betapa lemahnya kita sebagai manusia. Lewat ramadhan kita disadarkan tentang status kita sebagai hamba. Hidup kita bukan hanya tentang dunia. Tapi intinya adalah taat kepada Allah, dan Allah pun akan memberi kebahagiaan yang sebenarnya kepada kita atas timbal baliknya.

Ramadhan tidak membutuhkan kita Hijabers, ia akan terlewat begitu saja jika kita tidak memanfaatkannya. Kitalah yang membutuhkan kemuliaan bulan ini untuk menjadi lebih baik.

Lewat lapar dan haus, kita juga belajar untuk toleransi kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu. Lewat lapar dan haus pula kita belajar mengakui keterbatasan kita sebagai seorang hamba. Pahala kita dilipat gandakan, merasakan damai di dalam hati, jiwa kita dirubah agar lebih bersih dan indah.

Karena itu, mari kita serius dalam mengisi setiap detik di bulan mulia ini dengan amal sholeh dan ketakwaan. Jangan sampai terlewatkan, jangan sampai tersia siakan. Dan jangan sampai kita termasuk golongan yang seperti disabdakan Rasulullah SAW, "Berapa banyak orang yang puasa, tapi tidak dapat apa-apa kecuali haus dan lapar."

Karena siapa yang menjamin kita akan bisa bertemu kembali dengan Bulan Ramadhan tahun depan?. Kita masih memiliki kesempatan serta nafas yang masih berhembus. Kita sama-sama belajar menjadi lebih baik, terutama dalam hal menjadi hamba yang sholihah seperti yang Allah mau. Karena bukankah itu sejatinya tugas kita di dunia?.

“Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyaat [51]: 56)

Semoga Allah memudahkan kita untuk mendidik diri agar menjadi lebih baik di bulan mulia ini. Semoga banyak hidayah yang diturunkan kepada kita, agar kita menjadi manusia yang lebih baik lagi. Semoga Allah memudahkan segala  keadaan, kesehatan, dan kemampuan kita untuk dapat memaksimalkan ibadah kita. Dan semoga Allah, meridhoi apa yang kita lakukan dan ibadah yang kita usahakan. Aamiin.

 

 

 



Writer : Ratna P Sari

Editor : BL




RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top