Mengukur Nasip Lewat Zodiak | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna Editor : BL

Mengukur Nasip Lewat Zodiak

Ada mungkin dari kita yang hobi mengecek ramalan masa depan, jodoh, nasib, keberuntungan, dan lain-lain  lewat zodiak, atau biasa kita sebut ramalan bintang. Tapi apa sebenarnya ramalan bintang tersebut? Menurut situs resmi Wikipedia Indonesia, zodiak berasal dari kata Yunani, Zoodiacos Cyclos yang artinya Lingkaran Hewan. Jadi zodiak adalah sebuah sabuk khayal di langit dengan lebar 18° yang berpusat pada lingkaran ekliptika, tetapi istilah ini dapat pula merujuk pada rasi-rasi bintang yang dilewati oleh sabuk tersebut, yang sekarang berjumlah 13. Zodiak juga dianggap berkaitan dengan ilmu Astrologi, yaitu ilmu yang menghubungkan antara gerakan benda-benda tata surya seperti planet, bulan, dan matahari, dengan nasib manusia. Karena itulah lalu muncul ramalan-ramalan yang lalu dihubung-hubungkan dengan jalan kehidupan manusia. Dan kepercayaan tentang zodiak ini dimulai dari peradaban Lembah Sungai Eufrat.

Jelas, bahwa di dalam kepercayaan tersebut terdapat ketergantungan pada selain Allah. Ada keyakinan bahwa bahaya dan manfaat itu datang dari selain Allah yaitu tergantung kepada tata letak bintang, planet, dan matahari.  Dan hal seperti ini sudah pasti dilarang didalam Islam, dan dikategorikan sebagai perbuatan syirik.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, (yang artinya) “Barangsiapa mengambil ilmu perbintangan, maka ia berarti telah mengambil salah satu cabang sihir, akan bertambah dan terus bertambah.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, (yang artinya) “Bukan termasuk golongan kami, siapa saja yang beranggapan sial atau membenarkan orang yang beranggapan sial, atau siapa saja yang mendatangi tukang ramal atau membenarkan ucapannya, atau siapa saja yang melakukan perbuatan sihir atau membenarkannya.”

Hijabers, mengapa harus percaya pada ramalan buatan manusia yang mereka sendiri bahkan tidak tahu dengan detail jadwal kematian diri mereka sendiri. Bahkan satu detik kedepan itu, hanya Allah saja yang akan tahu pasti tentang apa yang terjadi, dan hal itu menjadi hak prerogatif Allah saja. Hal ini seperti tertulis didalam Alquran, (yang artinya),  “Katakanlah: “Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah.” (QS. An Naml: 65).

Mereka tukang ramal ataupun dukun tersebut hanya sekedar menduga- duga saja. Dan bilapun kebenaran itu tepat, hal tersebut karena mereka bekerjasama dengan bangsa jin. Memang, di antara kemampuan yang Allah berikan kepada jin atau setan adalah kemampuan untuk mencuri berita langit. Berita langit ini lalu akan disampaikan oleh mereka sampai pada tukang sihir dan dukun tersebut.  Allah Ta’ala berfirman, “Dan sesungguhnya kami telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api, dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya).” (QS. Al Jin: 8-9).

Ada juga cara mudah yang ditempuh oleh setan untuk mencuri berita langit sebagaimana disebutkan dalam hadits ‘Aisyah berikut ini,  “Para malaikat saling berbicara di atas awan dan awan-awan yang gelap tentang berbagai urusan yang akan terjadi di bumi lalu didengar oleh setan-setan kemudian setan-setan itu membisikkannya pada telinga para dukun sebagaimana botol ditiup lalu setan-setan itu menambah urusan yang didengarnya itu dengan 100 kedustaan.” (HR. Bukhari).

Jadi, jangan buang- buang waktu untuk percaya pada sesuatu yang tidak penting salah satunya adalah ramalan dari zodiak, atau apapun itu hijabers. Allah lebih tahu, dan Maha tahu tentang takdir masa depan kita hidup kita. Dan Dialah satu- satunya Zat yang tidak akan mendzalimi kita dalam kenyataan apapun takdir kita nanti. Jadi tidak perlu khawatir jika nanti akhirnyapun kita tertimpa sebuah cobaan, pasti ada hikmah dan pelajaran dari Allah yang pastinya akan membuat kita lebih baik.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top