Mengapa Harus Bimbang, Kawan? | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Mengapa Harus Bimbang, Kawan?

(DiaryHijaber.com) - Banyak dari kita yang saking sibuknya mengurusi dunia, tapi kemudian malah banyak merasa bimbang, bingung dan khawatir terhadap sesuatu. Seperti bagaimana masa depan kita, bagaimana keadaan rizki kita nanti, bagaimana hidup kita kelak, dan sebagainya. Padahal ketika kita memilih jalan untuk bersama Allah, maka saat itu juga selesailah semua kebimbangan, kegalauan, dan kekhawatiran kita tersebut. Karena Allah adalah satu- satunya yang memberi kedamaian di hati kita dengan cara yang ajaib, serta yang Maha memberi petunjuk kepada hidup kita agar keluar dari kerumitan.

 

Namun sayang, banyak dari kita malah memilih semakin menjauh dan menjauh dari Allah. Kalau sudah begitu, akan makin kacau dan kalutlah hidup kita ini sebenarnya, kawan.

 

Bagaimana tidak, walaupun kita mengingkari namun hati kecil kitapun tetap mengakui bahwa Allah adalah satu- satunya yang mengatur hidup kita. Baik dan buruknya tergantung kehendak allah atas kita nantinya. Namun bukannya kita malah mencoba mendekati agar Allah mengampuni dan lalu mengganti banyak masalah hidup dengan kelapangan dan kebaikan, kita malah lagi dan lagi bermaksiat dan membuat Allah marah. Kita mencoba menyelesaikan atau bahkan lari dari kenyataan dengan cara membodohi diri seakan kita cukup kuasa untuk menyelesaikan semua kekhawatiran, kebingungan dan kebimbangan kita. Padahal Allah berfirman, “Maka ke manakah kamu akan pergi?” (QS.at-Takwir:26)

 

Kemana kita akan pergi , jika kemanapun kita pergi tetaplah kita ini berpijak di buminya Allah?. bukankah Allah juga lah satu satunya yang memberi petunjuk? Dan Al Qur’an adalah firman Allah yang mengajarkan dan menunjukkan kepada kita arah mendapat kebahagiaan? lalu buat apa kita semakin menjauh? Buat apa kita pergi kesana kemari mencari kedamaian dan jalan keluar dari semua masalah hidup, jika semua bisa diselesaikan hanya dengan sekali duduk, sambil kita memaknai Alquran, dan atau mohon ampun seraya berkeluh kesah dan berdoa hanya kepada Allah?

 

Allah yang Maha menguasai yang awal dan yang akhir. Dan Allah adalah yang menciptakan kita, dan yang paling tahu apa yang terbaik dan terburuk bagi kita. Jadi jangan khawatir tentang apapun dalam hidup kita. Selama kita tetap bersama Allah, mau mendekat dan bertakwa kepadaNya, maka Dia tidak akan menyia- nyiakan kita atau membiarkan kita hidup dalam kesengsaraan.

 

Allah ta’ala berfirman, (yang artinya),

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Tholaq: 2-3)

 

Dan Allah adalah satu- satunya yang tidak pernah menyalahi janjinya.  Maha benar Allah dengan segala firmanNya. Kalau sudah begitu, untuk apa kita harus bimbang dan khawatir lagi, kawan?.


 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top