DiaryHijaber
Memperbanyak Istighfar Agar Kita Beruntung | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Memperbanyak Istighfar Agar Kita Beruntung

(DiaryHijaber.com) - Manusia adalah makhluk yang lemah, banyak salah dan lupa. Jika bukan karena rahmat Allah semata, maka manusia pun tidak akan bisa selamat dari kejahatan dan banyaknya dosa yang diperbuat oleh diri mereka sendiri.

 

Karena itulah manusia yang baik adalah yang menganggap diri mereka sebagai manusia biasa, dan bukan yang lebih dari itu. Jika dia lemah dia senantiasa memohon pertolongan Allah, jika dia lalai dia buru- buru meminta petunjuk kepada Allah, dan jika dia salah diapun meminta maaf kepada Allah dan kepada sesamanya. Dia tidak lalu malah menyombongkan diri, keras kepala, merasa diri paling benar, dan merasa diri akan lepas dari kesalahan.

 

Dan salah satu cara meminta ampun kepada Allah, dan bentuk pengakuan kita sebagai makhluk yang lemah dihadapan Allah adalah dengan memperbanyak istighfar atau memohon ampun kepadaNya. Dan dengan inilah Allah lalu akan mengampuni kita dan menghapus kesalahan lalu menggantinya dengan kebahagiaan. Tak hanya itu saja, dengan banyak- banyak istighfar, banyak pula kebaikan dan keberuntungan yang akan diberikan Allah kepada diri kita para hamba- hambaNya ini. Allah Ta'ala berfirman di dalam Al Quran, (yang artinya),

“Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai”. (QS. Nuh :10-12)

 

Karena itu kawan, jangan pernah bosan- bosan untuk beristighfar selalu, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam.

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali.” (HR. Bukhari).

 

Bisa kita bayangkan kawan, bahkan Rasul yang sudah dijamin masuk surga pun, selalu memperbanyak mengucapkan istighfar. Apalagi kita, yang bagaimana nasib kita nanti diakherat pun belum jelas akan bagaimana. Bukankah seharusnya harus lebih banyak beristighfar memohon ampun kepada Allah Ta’ala?

 

Jangan pernah menilai diri kita terlambat untuk meminta ampun karena saking banyaknya dosa yang telah kita lakukan, kawan. Jika kita memang bersungguh- sungguh memohon ampun kepada Allah, InshaAllah Dia pun akan mengampuni kita. Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda (yang artinya): “Setiap anak cucu Adam pasti pernah berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang bersalah ialah orang yang banyak bertaubat” (HR. At-Tirmidzi)

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, Allah Ta’ala berfirman, “Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat dosa di waktu siang dan malam, dan Aku mengampuni dosa-dosa itu semuanya, maka mintalah ampun kepada Ku, pasti Aku mengampuni kalian. (HR. Muslim)

 

Semoga Allah mengaruniakan kita untuk selalu mengikuti jejak beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bisa selalu istiqamah dalam memohon ampunan kepada Allah. Dan semoga Allah senantiasa mengampuni dan memberikan rahmat dan taufiknya kepada kita. Aamiin.


 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top