Manusia yang Memahami Perilaku Nabi | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Manusia yang Memahami Perilaku Nabi

Inilah sabda Rasulullah Salallahu 'alaihi wa sallam yang menggambarkan betapa istimewanya para sahabat nabi tersebut. Mereka adalah manusia mulia yang lebih memahami perkataan dan perilaku Nabi.

“Sebaik-baik manusia adalah yang ada pada zamanku, kemudian setelah mereka, kemudian setelah mereka.” (Hr. Bukhari dan Muslim).

Mereka jugalah yang memiliki pemahaman yang paling benar terhadap agama Islam, karena merekalah yang mendakwahkan Islam serta menyampaikan sabda-sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wa Sallam hingga akhirnya sampai kepada kita. Merekalah ‘penghubung’ antara kita umat Islam dengan Nabi kita. Karena itulah Nabi Salallahu 'alaihi Wa Sallam bersabda,

 “Jangan engkau cela sahabatku, andai ada diantara kalian yang berinfaq emas sebesar gunung Uhud, tetap tidak akan bisa menyamai pahala infaq sahabatku yang hanya satu mud (satu genggam), bahkan tidak menyamai setengahnya.” (Hr. Bukhari dan Muslim).

Imam Abu Hanifah berkata: "Manusia yang terbaik setelah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam adalah Abu Bakar, lalu Umar, lalu Utsman lalu Ali. Kemudian, kita wajib menahan lisan kita dari celaan terhadap seluruh sahabat Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, kita tidak boleh menyebut mereka kecuali dengan sebutan-sebutan yang indah”

Para sahabat Nabi tersebut jugalah teladan yang terbaik bagi kita, Hijabers. Abdullah Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu berkata

“Siapa saja yang mencari teladan, teladanilah para sahabat Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Karena merekalah orang yang paling baik hatinya diantara umat ini, paling mendalam ilmu agamanya, umat yang paling sedikit dalam berlebihan-lebihan, paling lurus bimbingannya, paling baik keadaannya. Allah telah memilih mereka untuk mendampingi Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dan menegakkan agama-Nya. Kenalilah keutamaan mereka, dan ikutilah jalan mereka. Karena mereka semua berada pada shiratal mustaqim (jalan yang lurus).”

Jadi, jika kita ingin hidup yang damai dan dekat dengan Allah, kenalilah mereka para sahabat Nabi SAW tersebut. Pelajarilah bagaimana ketakwaan, ibadah keseharian, dan pengabdian mereka pada Allah sang Maha kuasa. Lalu jadikan sikap, sifat dan kebiasaan mereka sebagai bagian dari hidup kita. Tidak perlu kita mencari idola lain yang belum tentu pasti membaikkan kita. Keteguhan iman para sahabat itu telah lulus uji, kebaikan hati dan akhlak mereka tidak diragukan lagi, dan kesungguhan mereka dalam mengabdi hanya kepada Allah kualitasnya tertinggi. Karena itulah tak heran jika mereka disebut sebagai teladan yang sangat pas untuk kita, agar kita senantiasa dalam kebaikan, jauh dari jalan yang menyimpang dan dekat dengan ridha Allah Ta’ala.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top