Mandi Junub Pada Wanita | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Mandi Junub Pada Wanita

(DiaryHijaber.com) - Setiap wanita yang sudah menikah akan mengalami mandi junub. karena itu kita harus belajar tentang tata caranya. Dari beberapa hadist dibawah ini, kita bisa mengerti tentang cara-cara mandi junub seperti yang di lakukan oleh para istri Nabi.

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, beliau berkata: "Kami (istri-istri Nabi) apabila salah seorang diantara kami junub, maka dia mengambil (air) dengan kedua telapak tangannya tiga kali lalu menyiramkannya di atas kepalanya, kemudian dia mengambil air dengan satu tangannya lalu menyiramkannya ke bagian tubuh kanan dan dengan tangannya yang lain ke bagian tubuh yang kiri.” (Hr. Bukhari dan Abu Dawud)

Seorang wanita tidak wajib menguraikan (melepaskan) jalinan rambutnya ketika mandi karena junub, berdasarkan hadits berikut: Dari Ummu Salamah Radhiyallahu ‘Anha berkata: “Wahai Rasulullah, aku adalah seorang wanita, aku menguatkan jalinan rambutku, maka apakah aku harus menguraikannya untuk mandi karena junub?” Beliau bersabda: “Tidak, cukup bagimu menuangkan air ke atas kepalamu tiga kali kemudian engkau mengguyurkan air ke badanmu, kemudian engkau bersuci.” (Hr. Muslim, Abu Dawud, an-Nasai, Tirmidzi, Ibnu Majah)

Dari hadist hadist diatas bisa kita simpulkan bahwa tata cara mandi junub bagi wanita adalah sebagai berikut, 

- Berwudhu kemudian menyiramkan air ke atas kepalanya tiga kali.

- Menggosok-gosok kepala sehingga air sampai pada pangkal rambut.

- Mengguyurkan air ke badan dimulai dengan bagian yang kanan kemudian bagian yang kiri. Tidak wajib membuka jalinan rambut ketika mandi.

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat.

Wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala aalihi wa shohbihi wa sallam.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top