Makan dengan Tangan Kiri, Bolehkah? | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Makan dengan Tangan Kiri, Bolehkah?

305 kali dilihat

Segala puji bagi Allah, Rabb penguasa alam. Shalawat dan salam semoga tercurah selalu kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Hijabers, kegiatan makan tentunya sangat kita sukai. Dan kita bersyukur karena makan juga termasuk dalah satu nikmat Allah yang sangat besar untuk kita para hambanya. Karena itulah kita perlu tahu tentang beberapa aturan Allah yang diberikan kepada kita, agar aktivitas makan kita tersebut tidak hanya sekedar mengenyangkan saja, namun juga akan lebih barokah.

Salah satu aturan dalam makan adalah dengan menggunakan tangan kanan. Rasulullah SAW sendiri selalu menggunakan tangan kanan beliau untuk sebagian besar urusannya yang baik-baik. Sebagaimana hadits ‘Aisyah radhiallahu’anha, “Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam membiasakan diri mendahulukan yang kanan dalam memakai sandal, menyisir, bersuci dan dalam setiap urusannya.” (HR. Bukhari).

Hal ini juga termasuk dalam masalah makan dan minum. Beliau juga menggunakan tangan kanan, sebagaimana diceritakan oleh sahabat Umar bin Abi Salamah radhiallahu’anhuma :

“Sewaktu aku masih kecil, saat berada dalam asuhan Rasulullah Shallallahu‘alaihi wasallam, pernah suatu ketika tanganku ke sana ke mari (saat mengambil makanan) di nampan. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadaku: “wahai bocah, ucaplah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu, serta ambil makanan yang berada di dekatmu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hal yang sama beliau pesankan ketika kita akan minum. Dari  Ibnu Umar radhiallahu’anhuma Rasulullah SAW bersabda, “jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim).

Kita juga dilarang makan dengan tangan kiri, karena hal ini akan menyerupai setan, makluk Allah yang terlaknat. Dalam Shahih Muslim disebutkan sebuah riwayat, (yang artinya) “Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kirinya pula.”

Hijabers, Allah Ta’ala berfirman di dalam Alquran (yang artinya),   “wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah setan, sesungguhnya ia menyuruh kepada perbuatan buruk dan kemungkaran.” (QS. An Nur: 21)

Jika kita telah mengetahui bahwa setan makan dengan tangan kirinya, dan kita malah membiasakan diri kita untuk makan dengan tangan kiri pula, maka setanpun akan senang di buatnya. Selain itu berarti kita telah mengikuti langkah- langkah setan. Karena itu kita sebagai seorang muslim sejati, hendaknya menanamkan kepada diri kita untuk bisa menyelisihi setan atau menjauhinya, serta mengikuti apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam.



RELATED ARTICLE